TNMB Amankan 600 Telur Penyu

Jember – Menginjak minggu ke tiga awal tahun 2009, satuan pengamanan dari TAman Nasional Meru Betiri (TNMB) mulai menunjukkan kinerjanya. Pada awal minggu lalu, petugas TNMB di pantai Sukamade berhasil membekuk 1 orang pencuri telur bernama Siswanto (36 tahun).

Pelaku yang berprofesi pengangguran, merupakan warga dusun Sumber Langsep Sukamade. Menurut Kepala Seksi (Kasie) Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I, RM Wiwied Widodo, Shut, pelaku berhasil diamankan lengkap dengan barang bukti berupa telur Penyu (Chelonia mydas) sebanyak 600 butir.

Wiwied menuturkan awal mula tertangkapnya pelaku bermula dari patroli rutin petugas pada hari Minggu tanggal 11 Januari 2009 dan Senin dini hari tanggal 12 Januari 2008 pukul 05.00, yang menemukan 5 (lima) lubang telur penyu sudah kosong dibobol maling. Petugas segera tanggap dan saat itu juga langsung melakukan pemeriksaan terhadap lalu-lintas orang dan kendaraan yang keluar dari pantai Sukamade.

Hasilnya petugas menemukan 600 butir telur penyu dalam karung yang ditutupi rumput di atasnya, diangkut dengan truk, sedangkan tersangka mengikuti di belakang truk. Berdasarkan keterangan saksi-saksi terungkap bahwa tersangka Siswanto adalah pemilik 600 butir telur penyu tersebut.

Dugaan petugas, tersangka tidak beraksi sendirian dan masih ada komplotan pencuri telur lain yang beraksi di Pantai Sukamade. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan