BPN Jember Segera Luncurkan Mobil Larasita

Jember - Selama tahun 2008 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jember telah berhasil merampungkan 17.600 sertifikat melalui proyek/rutin dan semua kegiatan berjalan lancar. Untuk tingkat Propinsi Jawa Timur, BPN Jember masuk dalam kategori 10 besar dan mendapatkan penghargaan dibidang Pelayanan Publik Tingkat Kabupaten di Jawa Timur.

Dan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, BPN Jember juga bakal segera mengoperasionalkan mobil bantuan dari BPN Pusat. Mobil Keliling yang lebih dikenal dengan Larasita (Layanan Rakyat Sertifikat Tanah ), tersebut diharapkan semakin memenuhi kebutuhan masyarakat akan sertifikasi.

Adapun mobil keliling ini akan melayani masyarakat secara berkeliling ke desa-desa yang bisa ditempuh dengan mobil ini dan bila jangkauan desa yang satu dengan desa lainnya tidak terjangkau dengan layanan mobil ini, maka bisa ditempuh dengan roda dua. “Kalau di Puskesmas ada layanan jemput bola memakai mobil puskesmas keliling, maka di BPN akan menggunakan mobil keliling untuk melayani pengurusan serfikat,” tegasnya.

Ke depan BPN akan mentargetkan lebih dari 20 ribu sertifikat atas tanah masyarakat dan seluruh pendaftaran akan ditertibkan. “Kalau tahun lalu baru bisa menyelesaikan 17 ribu lebih sertifikat tanah, maka kami akan tingkatkan 20 ribu sertifikat tanah,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya minta dukungam dan respon dari Kepala Desa, karena sistim hukum tanah ini masih hukum adat dan kata kuncinya ada di Kepala Desa. “Dan kami menginginkan ada pertemuan antara Kades dengan pihak BPN agar peningkatan target 20 ribu lebih sertifikat tanah masyarakat dapat diselesaikan,” pintanya.

Sebagai contoh BPN Jember telah menyelesaikan sertifikat tanah melalui Prona sebanyak 1.700 sertifikat, redis 900, obyek renderform sertifikat yang bentuknya redistribusi 900 jadi jumlah total keseluruhannya mencapai 17.600 sertifikat yang sudah di selesaikan semuanya.

“Semoga tidak ada tunggakan yang harus diselesaikan, dan ini sudah kita kemas tinggal pelaksanaan pembagian sertifikat saja kepada masyarakat,” paparnya.

Masyarakat diminta tidak perlu takut dan ragu, karena pendaftaran bisa langsung ke loket BPN, sehingga akan lebih trasparan dan tidak akan dipersulit, semuanya transparan melalui loket. “Karena BPN milik masyarakat Jember, kami akan menjaga dan melayani serta selalu menerima kritik agar kedepan pelayanan di BPN Jember lebih meningkat lagi,” pungkasnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan