Lagi, 2 Pengidap HIV Meninggal

Jember – Pasien klinik VCT (Voluntary Counseling and Testing)RSUD dr. Soebandi Jember kembali ada yang meninggal dunia. Setelah beberapa bulan terakhir ini tidak ada yang meninggal. Tercatat pada bulan Januari 2009 ini ada 2 orang pasien penderita HIV AIDs meninggal dunia.

Satu orang berusia sekitar 35 tahun dan berprofesi sales keliling serta satu lagi adalah balita. Balita satu ini menderita HIV AiDs karena tertular oleh orang tuanya.

Hal ini memunculkan sikap prihatin dari penanggungjawab klinik VCT dr Soebandi Jember, dr. Yustina Evi. Evi menyatakan bahwa masih banyak masyarakat yang belum secara rutin memeriksakan diri ke kliniknya, meski sudah terjangkit penyakit mematikan tersebut.

“Dengan tidak memeriksakan diri secara rutin maka banyak warga lain yang rentan terhadap penularan virus HIV AIDS, dan juga berbahaya bagi diri sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut Evi menegaskan harapannya kepada masyarakat pengidap HIV AIDs untuk bersedia berobat rutin ke kliniknya. “Jangan malu, karena kami menjaga kerahasiaan status penderita,” imbuhnya.

Sementara itu, selain kedua warga Jember yang meninggal akibat terinveksi HIV AIDS, pada bulan ini ada tambahan penderita. Tiga pasien lainnya tersebut berasal dari Lumajang, Bondowoso dan Situbondo kesemuanya terdeteksi mengidap HIV ADIS. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan