JAPER Curigai Semua Caleg tidak Visioner

Jember – Jaringan Pemilih Rasional (Japer) Kabupaten Jember mencurigai semua calon legislative (caleg) pada Pemilu 2009 kali ini tidak visioner. Caleg hanya berpikiran bakal memperoleh kekuasaan setelah duduk sebagai wakil rakyat, bias menguasai sumber pendapatan ekonomi dan meningkatkan status social di masyarakat.

“Hal tersebut diperkuat fakta anggota DPRD Jember periode 2004-2009, dan bukan rahasia umum lagi dalam kurun waktu singkat status ekonomi mereka naik drastis,” jelas Ketua Japer, Drs. Farid Wajdi.

Sehingga Japer berharap kepada masyarakat untuk lebih rasional dalam memilih. Agar tidak lagi jadi obyek penderita bagi para caleg yang tidak memiliki visi memperjuangkan kesejahteraan rakyat. “Japer terus memberikan motivasi kepada masyarakat Jember untuk tidak golput dalam Pemilu mendatang,” ujar Farid.

Karena jika angka golput semakin tinggi, caleg semakin diuntungkan. Bagaimana tidak, harga kursi DPRD semakin murah sehingga peluang caleg yang tidak visioner untuk jadi semakin terbuka lebar. “Aumsi ini membuktikan bahwa pemikiran caleg dan parpol tidak dalam grand design untuk memakmurkan rakyat, tapi cenderung untuk kepentingan sesaat saja dan sekedar terpilih saja,” imbuhnya.

Apalagi fenomena pasang gambar, logo, nama caleg di jalan-jalan adalah bukti aplikasi yang salah dalam pendidikan politik dan cenderung lips service semata. Karena menurut Farid, para caleg seratus persen masih mementingkan golongan dengan konsep pendidikan politik cenderung manipulative.

Hal ini bertambah parah ketika proses rekrutmen caleg juga memprihatinkan, karena dilakukan tanpa verifikasi yang jelas. Lebih ironis lagi ketika caleg hanya berorientasi kepada peningkatan status belaka. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan