Ujian SIM Pakai Soal Digital

Jember – Guna meminimalisir merebaknya calo di lingkup Satlantas Polres Jember, khususnya untuk membuat Surat Ijin Mengemudi (SIM), mulai saat ini system ujian yang diterapkan menggunakan teknologi digital.

Soal multiple choice yang diujikan ditampilkan dilayar, sedang peserta ujian tinggal menekan tombol jawaban. “Waktunya juga lebih singkat. Selain tampilan soal di layar lebar, peserta ujian tidak bisa saling contek,” tutur KASatlantas Polres Jember, AKP IM Agus Prasetya.

Duduk para peserta ujian kendati berjarak dekat mereka mendapati soal tidak sama. Tiap lajur peserta ujian dibagi dua deret. Deret kiri soal A, dan deret kanan soal B.

Model ujian mendapatkan SIM A , dan C di Polres Jember ini diakui Kapolwil Besuki Kombes Pol Drs Imam S, sangat baik. Bahkan melebihi kemajuannya dalam pelayanan prima di masyarakat. Masyarakat tidak pernah bisa menggunakan calo, karena berhadapan dengan mesin digital.

Sistem antrian menunggu panggilan pembayaran juga sudah menggunakan digital seperti di Perbankan. Penggunaan teknologi informasi ini, diakui merupakan inovasi pelayanan prima di Polantas Jember. Semua petugas tinggal mengawasi dan memberi arahan agar peserta bisa mengikuti ujian tulis dengan baik.

Bahkan, ujian praktek juga akan menggunakan digital motor. Peserta yang akan ujian wajib mengikuti test ini. Peserta seakan berada di jalan raya secara sesungguhnya. Dan kemampuan pengendara di jalan raya ini akan teruji di sini.

Untuk tahap awal pengenalan sistem digital ini diakui sangat sulit. Tapi, dengan pelatihan dan bimbingan petugas para peserta bisa dengan lancar mengerjakan. Dan tingkat kelulusannya tidak lagi sedikit, tapi sudah mencapai 98 %. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan