Biaya Sambung Listrik Makin Mahal

Jember - Peran konsuil dan Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI) dinilai terlalu besar dalam menentukan harga jual listrik (biaya sambung) jaringan listrik perumahan warga miskin, terutama sambungan 450 VA, dan 900 VA.

Di lapangan harga biaya sambung masih jatuh di atas harga Rp 3,5 juta. Dan tiap daerah ternyata bervariasi. Ada yang mencapai Rp 3 juta, dan Rp 2,9 juta. Hal ini membuat sejumlah kalangan merasa prihatin.

M. Husni Thamrin SH, Ketua LSM Abdi MASyarakat misalnya. Husni mengaku menerima banyak keluhan masyarakat terkait biaya sambungan dan pasang baru listrik. Ada yang sudah mengantri lama tidak diproses. Hingga tidak adanya keseriusan PT PLN (persero) dalam memperbaiki pelayanan kepada warga miskin.

Dia mencontohkan, warganya juga seringkali jadi korban calo dan menyebabkan harga biaya sambung menjadi tinggi. Ada pula yang mengeluhkan pemutusan sepihak yang dilakukan petugas PT PLN Persero saat mendapati pelanggan miskin tidak mampu bayar.

Pihaknya menduga selama ini PLN masih terlalu sub ordinat dengan AKLI atau rekanan. Padahal, PT PLN itu pemegang kebijakan. Tapi, kenapa justru dengan keberadaan AKLI masyarakat jadi terbebani biaya sambungan karena alasan material mahal.

Menanggapi hal tersebut, Asmen Bagian Pemasaran PT PLN (persero) Jember Emmy Ambar menjelaskan bahwa biaya sambung listrik sangat murah. PT PLN hanya menjual strum bukan menjual material. Pemegang material itu adalah AKLI.

“Itu sudah ada MoU antara DPD AKLI dengan PT PLN Pusat. Kita di daerah kan menjalankan saja. Karena pada dasarnya PLN hanya menjual setrum,” ujar Emmy.

Biaya pasang baru itu dinilai sangat murah disesuikan dengan keputusan Presiden terhadap Tarif Dasar Listrik (TDL) Rp 300 per VA. Jika daya 450 VA maka biaya pasang (BP Rp 134.000), sedang uang jaminan langgan (UJL) Rp 45.500. Untuk Instalasi Material Listrik (IML) dan biaya konsuil adalah hak rekanan, masing – masing Rp 900.000 dan Rp 60.000. Untuk biaya 900 VA rumah tipe 36, harga ditetapkan BP sebesar Rp 270 ribu, UJL Rp 90.400, IML Rp 1.400.000 dan Konsuil Rp 60.000. Total biaya pasang baru untuk daya 450 adalah Rp 1.145.450. Dan daya 900 VA adalah Rp 1.830.000.

Menurut Emmy, sebenarnya PT PLN telah menetapkan harga itu sesuai TDL dan tidak menyalahi. Biaya bisa lebih tinggi itu bisa karena beberapa factor luas rumah, dan titik sambungan instalasi rumah.. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan