Dipenda Targetkan Kenaikan Pajak Wisata

Jember – Untuk tahun 2009 ini, Dinas Pendapatan (Dipenda) Jember mentargetkan akan ada kenaikan pendapatan pajak di sektor wisata. “Khususnya dari restoran dan perhotelan,” ujar Kadispenda Jember, Drs. Suprapto.

Meski enggan menyebutkan angka kenaikan pendapatan dari sektor wisata tersebut, dirinya yakin bahwa ada kenaikan yang signifikan. Pasalnya, Dispenda Jember terus berusaha agar pemasukan Pendapatan Asli Daerahnya (PAD) terus meningkat, salah satunya akan menghidupkan kembali beberapa jenis retribusi yang sempat dicabut dan tidak diberlakukan lagi.

“Kami dengan semua jajaran akan selalu mengawal Perda yang pada pokoknya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Jember,” jelasnya.

Apalagi potensi pajak restoran dan hotel yang ada di Kabupaten Jember semakin banyak. “Banyak bertumbuhan restoran dan hotel baru di Jember, ini bisa menjadi indikator meningkatnya PAD dari sektor tersebut,” imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, pajak hotel dan restoran masih memiliki potensi yang cukup besar untuk meningkatkan pendapatan asli daerahnya. Diperkirakan dalam tahun ini, hunian hotel di kota Jember ini akan naik, begitu juga jumlah restoran akan bertambah.

Di sisi lain Prapto juga menuturkan bukan hanya sektor restoran dan hotel saja yang naik dan mampu menyumbangkan PAD untuk Jember. Sektor pajak lain seperti PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) juga terus diperhatikan..

Seperti biasa, untuk tahun ini dirinya juga menghimbau semua pejabat di Jember agar menjadi panutan membayar pajak. Pasalnya masih lemahnya kesadaran masyarakat untuk membayar PBB yang diduga karena faktor kurangnya pemahaman mereka mengenai pentingnya pajak.

Lemahnya pemahaman tentang pajak tidak hanya didominasi para wajib pajak, juga dipicu masih adanya beberapa aparat yang kurang memahami pajak. “Semua maklum, aparat adalah panutan dalam membayar pajak, sehingga dari aparat harus memberi contoh yang baik dulu,” tuturnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan