Mensos Siapkan 24 T Untuk KUR

Jember – Selama berkunjung ke Jember, Mensos Bahtiar Chamsah, menyalurkan sejumlah sumbangan ke tokoh agama dan sosial. Untuk bidang sosial, Bahtiar, mengaku siap menekan angka kemiskinan di Indonesia.

Dengan program sosial yang dilaksanakan itu, katanya, angka kemiskinan di tingkat nasional bisa menurun 2 tahun terakhir dari 37 juta penduduk yang hidup di garis kemiskinan pada tahun 2007 berhasil ditekan menjadi 35 juta hingga akhir 2008.

“Kemiskinan itu tidak bisa ditekan dengan iklan dan pidato-pidato saja, tapi harus dengan kerja keras dengan pelaksanaan program yang jelas dan terarah,” ujarnya. Bahtiar menyatakan program unggulan yang kini sedang berjalan, diantaranya program yang sifatnya bantuan tunai, pemberdayaan dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Program bantuan tunai, antara lain Bantuan Tunai Langsung (BLT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan beras miskin (raskin). Sedangkan program yang diorientasikan guna pemberdayaan masyarakat adalah Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri dengan alokasi dana Rp 1-3 Milyar per kabupaten/kota.

Sedangkan KUR diprioritaskan pada masyarakat miskin yang memiliki usaha di sektor riil. Nilai dananya dalam skala nasional tahun 2008 sekitar Rp 12 Triliyun, lalu pada tahun 2009 meningkat menjadi sekitar Rp 24 Triliyun.

“KUR ini diberikan pada masyarakat miskin dalam bentuk pinjaman lunak agar orang-orang miskin bisa mengembangkan usahanya dan mau berusaha,” tengaranya

Di kesempatan tersebut Mensos H. Bachtiar Chamzah minta baik pemerintah pusat maupun daerah punya kewajiban mengentaskan kemiskinan. Ia juga meminta agar pemerintah daerah mengajarkan masyarakat untuk tidak berpangku tangan dan bangga dengan menjadi peminta-peminta bantuan.

“Rakyat harus diajarkan untuk bekerja keras. Tangan yang di atas lebih baik dari pada tangan yang di bawah. Rakyat jangan sampai bergantung kepada pemerintah. Tugas pemerintah adalah memfasilitasi dan mendorong serta menstimulasi rakyat untuk mandiri dan tidak berpangku tangan,” ujarnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan