Marak Jadi Tim Sukses, Perangkat Desa Disorot Panwas

Jember – Semakin banyaknya perangkat desa termasuk Kepala Desa (Kades) menjadi tim sukses parpol dan calon legislatif (caleg) menjelang Pemilu 2009 yang akan dating, membuat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jember bekerja ekstra keras.

Panwaslu mulai banyak menerima aduan dari masyarakat akan keterlibatan perangkat desa tersebut. Karena banyaknya aduan akan keterlibatan aparat pemerintahan tersebut, maka Ketua Panwaslu Jember, Agung Purwanto, menindaklanjuti dengan melakukan pengawasan.

“Hal ini, jelas-jelas merupakan bentuk pelanggaran pemilu,” tegasnya. Untuk itu pihaknya berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mendalami kasus semacam ini. “Kami sudah kantongi informasi awal, tapi masih perlu pendalaman,” ujarnya.

Sebagai Ketua Panwaslu, Agung mengingatkan para Kades dan perangkatnya untuk tidak terlibat dalam politik praktis dengan menjadi tim sukses caleg. Tindakan ini sangat jelas menyalahi peraturan perundang-undangan.

Sejumlah oknum Kades dan perangkat desa, bahkan sudah terlalu jauh terlibat. Misalnya, ada laporan yang masuk bahwa ada perangkat desa yang terang-terangan ikut memasang stiker caleg. Atau mengarahkan warganya untuk memilih caleg yang didukungnya.

Selain itu Panwaslu juga mencatat sejumlah pelanggaran lain yang dilakukan kontestan Pemilu. Yang cukup marak adalah saat terjadi bencana banjir bandang di beberapa kecamatan di Jember. Saat itu banyak kontestan pemilu yang memberikan bantuan, namun dapat digolongkan sebagai kampanye terselubung. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan