Ratusan Warga Protes Pelantikan Kades

Jember - Ratusan orang warga desa Gumukmas kecamatan Gumukmas berunjukrasa di halaman kantor DPRD Jember, Senin (14/7/2008). Mereka menolak pelantikan Bambang Winarno sebagai kades Gumukmas.

Warga yang datang itu adalah pendukung Siti Allutfiyah, kandidat kades Gumukmas yang kalah satu suara dari Bambang. Mereka mempertanyakan sikap Pemerintah Kabupaten yang melantik Bambang, padahal penyelesaian jalur hukum belum tuntas.

"Hari ini juga kami menuntut Pemkab untuk menghitung ulang surat suara, karena Pemkab tak mematuhi mekanisme hukum," kata Ahmad Zen, koordinator aksi.

Konflik Bambang dan Allutfiyah berawal setahun silam, saat Bambang menang tipis dalam pilkades. Kubu Allutfiyah menilai Bambang melakukan kecurangan, dan menuntut dilakukan penghitungan ulang.

Dalam gugatan di Pengadilan Negeri Jember, Allutfiyah menang. Namun saat dilakukan banding di Pengadilan Tinggi Jawa Timur, giliran dia kalah. Proses ini berlanjut ke Mahkamah Agung.

Nah, putusan kasasi belum turun, Pemkab Jember sudah melantik Bambang menjadi kades, Jumat pekan lalu. Inilah yang kemudian dipersoalkan oleh pendukung Allutfiyah.(RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan