Tak Berijin, Kasheem di Deportasi

Jember – Lagi, seorang WNA berulah di wilayah Indonesia dengan modus masuk tanpa dokumen ke-imigrasian yang sah. Sayeed Abdul Kasheem (28) seorang pemuda asal Bangladesh nekad menerobos hingga ke daerah Kabupaten Bondowoso.

Padahal tidak mengantongi visa kunjungan ke Indonesia, yang dimilikinya hanyalah sebuah paspor yang dikeluarkan oleh negaranya yaitu Bangladesh. Sementara visa yang dimilikinya adalah visa kerja ke Malaysia. Sehingga anggota Polres Bondowoso segera mengamankan pemuda Bangladesh tersebut setelah ada laporan masyarakat.

Penangkapan Kasheem oleh KAsat Intelkam Polres Bondowoso, AKP Susyanto bermula dari laporan masyarakat yang mengaku resah atas kedatangan Kasheem ke desa Wonosari kecamatan Grujugan kabupaten Bondowoso.

“Karena Kasheem itu ngikuti Siti Romlah, TKW asal Bondowoso yang selama ini bekerja di Malaysia,” ungkapnya. Padahal Romlah sudah mempunyai tunangan, dan tunangan Romlah tidak terima atas kedatangan Kasheem.

Sementara Kasheem mengaku sudah nikah sirri di Malaysia. “Karena masa kerja Romlah sudah selesai maka Romlah pulang kampong, nah Kasheem yang mengaku sudah menjadi suaminya ikut juga,” imbuh Susyanto.

Karena tidak memiliki ijin untuk berkunjung ke Indonesia, maka kadua pasangan tersebut melewati jalur tikus dan laut yang akhirnya sampai di Tanjung Pinang. Dan perjalanan dilanjutkan lewat udara menuju Surabaya dan akhirnya ke Bondowoso.

Naas, impian ingin selalu berdua dengan Romlah hingga ke Bondowoso tidak kesampaian. Karena tunangan Romlah marah dan melaporkannya ke Polres Bondowoso.

Usai mengamankan Kasheem, Polres langsung berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Jember. Dan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, maka Kasheem diserahkan ke Imigrasi untuk ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Humas Imigrasi JEmber, Hari Agung AP SH, kepada Radar Investigasi menyatakan bahwa Kasheem saat ini sudah dikirim ke Rudenim Kanwil Depkumham Jawa Timur. “Kita kirim kesana untuk diproses lebih lanjut dan tentunya bakal dideportasi ke Negara asalnya,” jelas Agung.

Pihak Imirasi juga mengaku berterimakasih kepada jajaran Polres Bondowoso yang sudah membantu Imigrasi menyelesaikan tugasnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan