Jember Dijadikan Ajang Kejurnas Off Road Edventure Seri II

(Infokom) Jember - Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ) tahun 2008 bakal lebih meriah lagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Karena pada BBJ ke dua ini akan digelar event sekelas nasional dengan melibatkan ratusan offroder yang akan hadir ke kota suwar-suwir.

Event itu tidak lain Kejuaraan Nasional Edventure Offroad seri ke II pada tanggal 15-17 Agustus 2008 di Alon-alon Jember dan kawasan perumahan Argopuro yang dapat ditonton oleh masyarakat Jember secara gratis.

“Ini merupakan pengharagaan tersendiri bagi masyarakat Jember, karena hanya dua kota yang dijadikan tempat kejuraan nasional offroad dan bakal dihadiri oleh peserta dari seluruh Indonesia,”ungkap Sekretaris Panitia, Ir Sigit Boedi saat di sekretariat Raung Offroad 4X4 WD di Jalan Dewi Sartika Jember.

Kejuaraan nasional Offroad yang diglar oleh IMI hanya dua daerah yang telah ditunjuk yakni Batu Licin (Kabupaten Tanah Bumbu Kalimatan Selatan) seri I dan Kabupaten Jember di seri ke II. “Yang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara kejurnas para offroader,”terangnya.

Dipilihnya Jember sabagai penyelenggara, tidak hanya prestasi yang menonjol yang diraih oleh offroader di beberapa kejuaraan. Namun Jember dianggap lama tidak menggelar kejuaraan yang sama dan terakhir pada tahun 2004 kemarin. “Semakin kuatnya Jember sebagai tuan rumah, apalagi mendapat dukungan dari Bupati Jember agar dibarengkan dengan BBJ,”cetusnya.

Ada sekitar 450 orang yang bakal berkunjung ke Jember saat event itu digelar mulai dari Kontoingen Jateng, Jabar, DKI, Sumatra, Kalimatan, Sulawesi dan Bali. “Satu tim terdiri dari driver, navigator, teknisi juga keluarga offroader yang ikut akan datang kompetisi dan sekaligus melihat Jember,”tandasnya.

Apalagi di Jember nantinya semua pembiayaan mulai dari penginapan hotel berbintang di Jember dan akomodasi terkait kebutuhan tim akan ditanggung oleh panitia. “Hotel dan akomodasinya oleh panitia akan digratiskan dan oleh panitia akan disediakan 75 kamar,”jelas karyawan Dishutbun yang memiliki hoby petualangan.

Menurut Sigit, Kota tembakau ini bakal lama disinggahi oleh para offroader. “Meski offroader tanding pada tanggal 15 Agustus 2008 namun datang ke Jember bakal hadir satu hari sebelumnya dan bergitu juga pulang dijadwalkan sampai dengan tanggal 18 Agustus mendatang,”tambahnya.

Sebelum melakukan lomba, paginya (15/8) panitia akan menggelar pemeriksaan kelengkapan kendaraan sampai siang layak atau tidak bagi para offroader dan sorenya akan dilakukan slalom test. “Betempat di depan Kantor Pemkab Jember akan dilakukan kesiapan peserta sekaligus juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat akan digelar Edventure Offroad seri ke II di Jember,”pungkasnya.

Pada tanggal yang sama pada pukul 7 malam, direncanakan akan dilakukan briffing terkait dengan penjelasan teknis oleh panitia. “Sehingga pada pukul 9 malamnya direncanakan di depan pendopo akan dilakukan pelepasan oleh Bupati Jember MZA Djalal offroade menyusuri kawasan Jember,”jelasnya lagi.

Medan yang akan dijalani oleh para offroader mulai malam sampai pagi (16/8) nantinya akan tertangtang dengan medan yang sulit yakni mulai Rayab, kali jompo, sampai Rembangan. “Sengaja medan berat oleh panitia untuk kejuaraan itu sekaligus melihat potensi keindahan Jember,”cetusnya.

Namun pada hari minggunya (17/8) peserta akan melakukan trayek di dalam kota bertempat di kawasan Perumahan Argopuro. “Rencannya hanya dua kelas yang dipertandingkan dalam event itu mulai kelas under 2.500 cc dan kelas 2.500 cc keatas ada sekitar 20-25 tim yang akan bertanding,”tambahnya. (*/jok)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan