Terserang Muntaber, 2 Meninggal 92 Dirawat

Jember – Akibat wabah muntaber di Jember hingga hari ini sudah ada korban meninggal dunia 2 orang dan 92 lagi sedang dirawat intensif di Puskesmas dan RSUD dr. Soebandi. Data ini disampaikan oleh humas Dinas Kesehatan Jember, H. Yumarlies SH, Kamis (17/7/2008).

Semua korban berasal dari lima desa yang terserang diwilayah Jember barat. Empat di antaranya desa Langkap, Tisnogambar, Tugusari, dan Bangsalsari. Namun demikian, jumlah korban di empat desa tersebut tak sebanyak di Desa Banjarsari yang mencapai tiga dusun (Sumberjajar, Dukuh I, dan Dusun Dukuh II) dengan puluhan korban.

Pernyataan yang sama juga muncul dari dr H Hari Pitono, Kasi Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Menurutnya perilaku warga sekitar lokasi wabah kurang memperhatikan kesehatan. Dari analisis sementara, penyebaran ini terjadi karena penggunaan air.

"Warga di sini menggunakan sungai untuk MCK. Sehingga penularan itu sanghat cepat," katanya.

Untuk itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat sekitar untuk merubah perilaku sehari-hari. Namun jika sudah terserang wabah ini Dinas Kesehatan berharap segera dilarikan ke puskesmas terdekat atau rumah sakit.

“Khusus untuk anak-anak, bisa langsung dibawa di posko kesehatan terdekat di lokasi terkena wabah, karena yang ditakutkan anak-anak terkena dehidrasi,” tuturnya. Di posko tersebut anak-anak bakal menerima asupan nutrisi guna mencegah dehidrasi. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan