Bakteri E-Coli dan Air Sungai, Penyebab Muntaber

Jember – Setelah melalui uji klinis yang seksama dan teliti di laboratorium Dinkes Kabupaten Jember, diketahui secara pasti penyebab berjangkitnya wabah muntaber yang menyerang sedikitnya 5 desa di Jember barat adalah bakteri Escherichia Coli (E-Coli) dan air sungai yang tercemar, demikian disampaikan Humas Dinas Kesehatan Jember, H. Yumarlis SH, MM.

Dijelaskannya lebih lanjut bahwa E-Coli merupakan bakteri gram negative yang pertumbuhannya sangat cepat dan mudah, namun tetap bergantung pada media dan suhu tertentu. Menurutnya jika dilihat dari asal-usul daerah yang terserang dan lokasi lain yang ikut terserang diduga kuat ada penderita Muntaber yang buang air besar disungai, sementara aliran sungai tersebut digunakan warga lainnya untuk mandi cuci dan kakus, sehingga penularannya cepat terjadi.

Yang tidak kalah pentingnya dalam percepatan penularan wabah itu, karena menurut Yumarlies adalah adanya penurunan volume air akibat datangnya musim kemarau sehingga air sungai yang tercemar merembes kedalam sumur-sumur warga yang letaknya berdekatan dengan sungai.

Untuk itu Yumarlies menolak anggapan bahwa merebaknya wabah ini karena pencemaran lingkungan dari air limbah industri.

Sehingga untuk mencegah wabah tersebut meluas dan terulang ditempat yang sama, maka Dinas Kesehaan kembali gencar melakukan sosialisasi perilaku pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Meski masyarakat belum sepenuhnya memahami arti pentingnya PHbs tersebut.

Padahal PHBS menurutnya mudah dilakukan di kalangan masyarakat. Yumarlies mencontohkan, dengan mencuci tangan sebelum makan, memasak air minum hingga mendidih, kemudian dibiarkan antara 3-5 menit baru diangkat dan seterusnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan