Ramadhan, Sekolah Diminta Tadarusan

Jember - Selama Ramadan 1429 H, Dispendik Jember meminta setiap sekolah untuk meningkatkan kegiatan keagamaan. Hal ini disampaikan Kepala bidang (Kabid) TK/SD, Jumari. “Momen bulan suci ramadan ini harus bisa dimanfaatkan institusi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan siswa di bidang keagamaan,” ujarnya.

Kalau bisa, menurut Jumari selain kegiatan rutin, harus ada kegiatan tambahan seperti tadarus Al-quran. Penambahan materi agama selama ramadan, lanjut dia, sebagai upaya pendidikan menyeluruh kepada siswa.

Sehingga siswa tidak hanya dibekali pendidikan umum, tapi juga ilmu keagamaan. Menurut dia, untuk sekolah umum, pendidikan agama belum sebanyak yang diajarkan di sekolah Islam atau pondok pesantren.

“Selain tadarus bersama, momen ramadan, bisa dijadikan momen tepat bagi guru untuk menanamkan pengetahuan agama kepada anak didik,” imbuhnya.

Terutama yang masih duduk di pendidikan anak usia dini (PAUD). Penanaman pendidikan agama ini bisa dilakukan dengan membiasakan anak berpuasa, meski hanya setengah hari.

Program baru tersebut menurutnya lebih akan terlihat hasilnya jika ada dorongan dari orang tua siswa. Dimana kegiatan tersebut juga dilakukan di rumah. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan