PECATUR JUNIOR JEMBER UNJUK GIGI DI KEJURDA BLITAR

(Infokom) Jember - Sebanyak 7 (tujuh) atlit catur junior putra dan putri Jember akan mengikuti Kejuaraan Propinsi Catur Yunior Se-Jatim yang berlangsung mulai 21 s/d 26 Juni 2008 di Kabupaten Blitar. Ketujuh atlit tersebut telah mengikuti seleksi yang dilaksanakan 17 s/d 18 Juni lalu di SDN V dan VI Jember.

Menurut Ketua Umum Percasi Jember, Drs. Agoes Slameto ditemui dikantornya mengatakan bahwa olahraga catur sangat diminati oleh masyarakat, untuk itu harus dicari solusinya dengan memasyarakatan olahraga catur dengan kemasan-kemasan baru, “Ujarnya.

Sedangkan atlit yang akan diberangkatkan Sabtu sore ini adalah yang menjadi juara I sampai III untuk putra dan juara I sampai IV untuk atlit putri yang akan mengikuti Kejurprov. tingkat Jawa Timur. “Semua atlit sudah siap untuk membawa nama baik Kabupaten Jember di Tingkat Propinsi dengan persiapan yang matang, “lanjutnya.

Dikatakan Agoes, dalam kejuaraan catur junior ini banyak muncul bibit pecatur junior yang potensial di Kabupaten Jember, maka dengan event junior ini para pecatur Jember tidak akan kesulitan untuk pengakaderannya. “Untuk itu perlu dipantau perkembangannya," katanya.

Lebih lanjut masih kata Agoes, program Pengcab Percasi Jember akan lebih menggiatkan lagi kejuaraan-kejuaraan, baik junior mapun senior dan akan menghidupkan kembali klub-klub catur yang selama ini tidur dan tidak aktif lagi.

Sedangkan tantangan yang dihadapi para pecatur diantaranya berupa gejala terus menurunnya popularitas olahraga catur dikalangan muda, karena banyak permainan dan aktivitas baru yang berbasis teknologi baru yang lebih menarik seperti komputer.

"Apalagi generasi muda sekarang lebih banyak memiliki mobilitas dan aktivitas yang tinggi dan berlimpahnya tawaran berbagai aktivitas yang menarik. Sehingga pada gilirannya kurang menguntungkan bagi pengembangan olahraga catur," kata Agoes.

Dia menambahkan, Pengcab Percasi Jember dalam meningkatkan prestasi atlet yaitu melakukan pembinaan pada atlet secara lebih intensif, melengkapi sarana pendukung, menyediakan buku-buku dan sistem intensif yang pas, memperbanyak event tanding serta memberdayakan penggunaan komputer untuk monitoring prestasi atlet dan pembinaan atlet.

Disamping itu, masih kata Agoes, menjaring dan mencetak pemain-pemain baru meliputi dengan memperbanyak tournament catur terbuka dan mengandeng sponsor baik dari perusahaan, pemerintah ataupun institusi. Selain itu juga mendukung sekolah catur yang ada, dan merintis pendirian sekolah catur, meningkatkan aktivitas dan kegiatan kepengurusan catur di tingkat kecamatan dan menggalakan event-event untuk junior dan wanita.

Juara junior putra C juara I A Basofi MP Jember, juara II Yusuf Arief K kota Kediri, juara III Agus S Lamongan, juara junior putra D juara I M Irfan Probolinggo, juara II Denisio Edwin Pamekasan, juara III Indra Setyawan Pacitan.

Hasil seleksi kemarin sebagai juara I junior putra Ranu Dirjo Dwiadi, juara II Eko Ari dan juara III Metri Arianto, sedangkan sebagai juara I junior putri Diajengworo Kinasih, juara II Widya Tri Febrianti, juara III Reza Dwi Hendaryanti dan juara IVResti Aprilia Tri H.

Kejuaraan Propinsi ini dilakukan setiap tahun, sehingga bibit-bibit muda kita dapat semakin sering mengasah kemampuannya dalam lomba-lomba bertaraf nasional. “Kejuaraan ini tidak serta merta ada begitu saja, “tandas Agoes.

Masih menurut Agoes tujuan utama kejurda ini, selain untuk meningkatkan pembinaan diusia dini juga lebih mensosialisasikan olahraga catur kepada masyarakat. Karena menurutnya olahraga catur mendatang akan menjadi olahraga extra kurikuler disetiap sekolah. “Jember mempunyai banyak bibit yang potensial pada olahraga catur ini, jika pembinaan dari usia dini kita galakkan saya yakin pecatur Jember akan mampu berbuat banyak ditingkat nasional bahkan internasional, “terang Agoes.

Agoes yang juga Kepala Kantor Infokom Jember itu mengajak seluruh atlet senior maupun junior dapat bertanding dengan sportivitas tinggi, “Sehingga pelaksanaan Kejurda dapat berjalan dengan baik, aman serta sukses sesuai, “pungkasnya. (*/tot)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan