Lomba Kelurahan Se Jatim Jember Masuk Nominator

(Infokom) Jember - Ternyata banyak upaya untuk meningkatkan gerkan pembangunan dan meningkatkan partisipasi masyarakat di desa dan kelurahan dari 38 kabupaten dan kota se Jawa timur. Beberapa hari yang lalu dilaksanakan penilaian lomba desa dan kelurahan di Surabaya.

Kabupaten Jember yang menyertakan dua wakilnya Desa Semboro dan Kelurahan Patrang ternyata yang masuk sebagai nominator hanya Kelurahan Patrang. “Kesempatan itu Lurah, Ketua TP PKK dan LPMK mewakili warga mempresentasikan satu persatu kegiatannya selama tahun 2006 sampai 2007,”ungkap Kepala Bapemas Jember, Hardiyanto.

Tepatnya pada tanggal 5 Juni 2008 Lurah beserta Ketua TP PKK dan LPMK di depan tim juri yang dari kalangan akademisi yakni dari Unair dan gabungan unit kerja terkait. “Sekitar 2 jam rombongan dari Kelurahan Patrang dicerca berbagai pertanyaan oleh tim dari profensi,”kilahnya.

Pertanyaan dari tim juri profensi seputar 4 bidang ekonomi, pembangunan, kesadaran masyarakat dan kesehatan lingkungan tidak terkecuali ditanyakan perangkat lunak, administrasi, PAUD, PKK, kondisi balai kelurahan, peran aktif masyarakat dan sebagainya. “Dari gencarnya pertanyaan itu kedepan perlu dipersiapkan lagi lebih jauh terkait dengan peningkatan SDM-nya,”pungkasnya.

Kedepan nantinya perlu persiapan yang lebih matang jika sangat perlu pemenang lomba desa akan kita karantina. “Agar betul-betul siap menghadapi tin juri dari berbagai kalangan praktisi dan bidangnya kita buat presentasi dulu disini, pokoknya kita drill dulu disini,”terangnya.

Dijelaskan juga oleh Kepala Bapemas Jember bahwa dalam pelaksanaan lomba itu berhasil masuk nominasi maka Tin Penilai Profensi akan turun ke Jember. “Masuk nominasi nanti tim propefensi akan turun menilai Kelurahan Patrang,”tambahnya.

Terpilihnya dua wakil baik dari kelurahan dan desa menurut Hardiyanto merupakan merupakan seleksi yang telah dilakukan di tingkat kabupaten beberapa waktu yang lalu. “Tim kabupaten menilai dan memilih tim usulan kecamatan yang paling baik dan siap untuk mengikuti lomba tingkat Jatim,”jelasnnya.

Dengan katagori penilaian yang telah ditentukan dari pusat memilih dari 216 wakil desa dan 32 kelurahan. “Namun pada pelaksanaan menilai dan memilih dari 31 desan dan kelurahan masing-masing kecamatan yang mencalonkan unggulan yang akan dinilai oleh Tim Kabupaten,”tandasnya.

Terpilihnya desa dan kelurahan selain merupakan penghargaan tidak hanya lurah dan kadesnya tapi merupakan penghargaan seluruh masyarakat karena lomba itu melewati seleksi ketat.

“Sehingga kedepan tidak perlu lagi ada keraguan bagi desa maupun kelurahan yang terpilih kawatir akan mengeluarkan biaya lagi ke Surabaya. Karena saat mengikuti lomba nantinya akan dibiyai oleh Bapemas ngka usah kawatir kobol-kobol,”tandasnya. (*/jok)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan