Pemkab Terus Kembangkan MCK

Jember – Upaya Pemkab Jember untuk merubah perilaku agar masyarakat bisa layak hidup sehat menggunakan air bersih ketika mandi, mencuci dan buang hajad sebenarnya merupakan langkah yang tergolong gampang-gampang susah. Untuk itu pada tahun 2008 kali ini Pemkab kembali meluncurkan pembangunan MCK di 35 titik yang tersebar di seluruh kecamatan di Jember.

“Dengan begitu kami tidak hanya sebatas slogan atau himbauan untuk hiduop bersih saja, namun sudah mewujudkan langkah real pembangunan MCk umum, yang kali ini merupakan kali keempat setelah beberapa tahun lalu,” ujar Kabid Cipta Karya DPU Jember, Ir. Soedarminto, Selasa (17/6/2008).

Sarana tersebut sengaja diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Jember agar masyarakat memiliki perilaku sehat, tidak lagi membuang air besar, mencuci dan mandi di sungai lagi. Karena selama ini fenomena yang terjadi di masyarakat desa yang masih menggunakan sungai sebagai bagian dari kehidupan masyarakat.

Sasaran MCK menurutnya tidak saja pada daerah kecamatan desa saja tapi pada kecamatan kota seperti di Dusun Gludug-Kelurahan Bintoro, Patrang tidak luput menjadi sasaran pembangunan itu.

Diakui oleh Soedarminto meski pelaksanaan yang dimulai digarap sejak 2005 berawal dibangun hanya 13 unit namun sekarang dari 4 tahun terakhir baru selesai terbangun MCK sekitar 100 lebih titik.. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan