Kerjakan Bedah Rumah, LPM Bakal Di Tatar

Jember – Menginjak tahun ke-3 untuk program rehabilitasi rumah tidak layak huni atau biasa disebut bedah rumah, Pemkab tidak lagi menyerahkan kepada pihak ketiga, namun kepada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Untuk itu Pemkab berencana melakukan diklat dan pembekalan kepada semua pengurus LPM di setiap desa yang mendapatkan program bedah rumah.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Pengembangan Perkonomian Masyarakat, Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas), Ir Achmad Hariyadi. Pembekalan yang dikemas lewat acara Pemantapan Tugas Pelaksanaan Rumah Layak Huni tahun 2008 agar pelaku seperti LPM, Kades dan Camat Se-kabupaten Jember dapat melaksanakan dengan baik dan sukses.

“Untuk itu perlu menyamakan langkah dan presepsi dari semua pelaku mulai dari LPM, kades sampai camat agar mengerti tanggungjawabnya untuk mensukseskan pembangunan RLH bagi masyarakat tidak mampu yang telah didata sebelumnya, yang untuk tahun 2008 ini ada 9.300 rumah akan direhab,”ungkapnya.

Peserta pembekalan tersebut terdiri dari 248 LPM, 248 Kades/Lurah dan 31 Camat Se-Kabupaten Jember. Pembekalan itu menurut Hariyadi sekaligus sebagai ajang untuk bahan evaluasi juga terkait dengan pelaksanaan RLH pada tahun sebelumnya. “Sehingga dengan demikian nantinya LPM, kades dan camat dapat mengeliminir kesalahan seperti molornya jadwal yang telah ditentukan,”sergahnya.

Menanggapi hal itu, Camat Jelbuk, Ir. Eko Her Sunarso, yang berada didaerah minus wilayah utara Jember, menyambut baik pelaksanaan itu. “Dengan program itu nantinya camat tigak lagi menjelaskan panjang lebar hanya menegaskan karena dalam pembekalan nantinya yang hadir tidak hanya camat namun LPM dan Kades juga diundang,” paparnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan