Budaya Premanisme Terus Mengiringi Proses Lelang Proyek

Jember – Budaya premanisme ternyata memang sedang berkembang dengan baik di lingkungan Pemkab Jember. Terbukti di hampir setiap ada proses lelang proyek di Jember selalu diwarnai dengan pengamanan yang dilakukan oleh oknum-oknum preman maupun oknum penegak hukum yang memback up unit kerja pelaksana lelang.

Setelah di Kantor Pengairan, Dinas Pendidikan, Dinas Perindag, hari ini, Selasa (2/6/2008), giliran DPU Jember menggelar proses lelang dengan agenda penawaran. Tida jauh beda dengan unti kerja sebelumnya, di DPU Jember selama proses lelang berlangsung juga diwarnai dengan kedatangan oknum-oknum preman dan oknum penegak hukum yang berjaga-jaga melindungi panitia lelang.

Hal ini disesalkan Ketua LSM Ganas, Sugihartono SH, menurutnya kalau memang dalam pelaksanaan lelang disetiap unit kerja tersebut tidak ada masalah kenapa harus selalu diwarnai dengan aksi seperti itu. “Tranparan saja, setiap pembagian proyek dengan lelang, dilakukan fight, sehingga nantinya kualitas proyek juga akan bagus, kalau ada pengkondisian seperti ini pasti ada apa-apa, kalau sudah gitu maka kualitas proyeknya jelek,” tegasnya.

Dengan sistem seperti yang saat ini sedang dikembangkan, maka tidak akan banyak rekanan yang memberanikan diri melakukan protes hasil lelang atau proses lelang ketika ada ketidakadilan. Karena ada pengamanan yang cukup ketat dari oknum-oknum yang terlihat sangar tersebut. “Rata-rata mereka berbadan tegap dan bersenjata, jadi setiap ada proses ellang kondisinya selalu mencekam, ini khan tidak baik terus dibudayakan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kadis PU Jember, Ir. Djuwarto usai mengikuti sidang paripurna LKPJ Bupati Jember di gedung dewan tidak bersedia berkomentar banyak. Menurutnya tidak tahu ada kondisi semacam itu, justru Djuwarto menanyakan oknum-oknum tersebut siapa yang mendatangkan, karena kalau dirinya tidak pernah mendatangkan mereka.

“Gak ada upaya seperti itu, yang ada semua sesuai prosedur, lelang seperti biasa tidak ada pengkondisian tertentu,” imbuhnya sambil menuju mobilnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan