Karena Sinergisitas, BPN Dapat Penghargaan

(Infokom) Jember - Sinergisitas di Jember tidak saja ditemui pada unit kerja lingkup Pemkab Jember, tapi hal itu sudah menggurita di kalangan unit kerja sektoral seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jember yang bisa bekerjasama dengan program pemerintah daerah.

Betapa tidak ketika program Pemerintah Kabupaten Jember mengentaskan kemiskinan lewat 4 Prioritas Pembangunan bidang Kesehatan, Pendidikan, Pertanian dan Pembangunan Infra Struktur Pedesaan serta dilengkapi dengan 4 desa binaan untuk mempercepat pembangunan.

Program pemerintah pusat yang dilewatkan BPN Jember menurut Kepala Kantor, pihaknya bisa mensinergiskan program itu diwilayah desa binaan. “Kami bisa memadukan program yang ada BPN dengan Program Kabupaten seperti Program Prona yang kami fokuskan juga di 4 desa binaan di Jember.”ungkap Siswo Prajitno.

Sesuai pepatah mengatakan, dimana bumi dipijak disitulah bumi kita dijinjing itu yang menjadi pedoman bagi Siswo sejak menjabat tanggal 24 Juni 2008 kemarin genap 2 tahun di BPN Jember. “Meski kami sebagai orang pusat prinsipnya unti kerja yang kami bangun berkeinginan membangun Jember di Indonesia bukan membangun Indonesia di Jember sehingga diera otonomi daerah ini ada nilai manfaat bagi masyarakat Jember dari kehadirannya,”tarangnya.

Berangkat dari sinergisitas dari Pemkab Jember dengan lembaga yang didipimpinnya, beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 22 Mei 2008 di Surabaya yang bersamaan dengan acara Rakor Bupati se Jatim di Grahadi. “Penghargaan kepada Bupati Jember saat itu diwakili oleh bapak Sekda yang menerima penghargaan itu dari Kepala BPN Pusat yakni DR H. Joyo Winoto,”jelasnya.

Tidak hanya Jember yang mendapatkan penghargaan dari pimpinan BPN Pusat kepada sejumlah Bupati dan wali kota di Jawa Timur. “Selain Jember juga ada Kabupaten Bangkalan, Trengggalek, Probolinggo dan ada satu kota lagi,”aku Siswo yang lupa daerah satunya.

Dari perhatian khusus itulah kepada masyarakat miskin dengan program rumah layak huni, desa binaan dan sebagainya, orang pusat melihat Jember telah bisa merespon program pusat. “Itu yang menjadi salah satunya Jember mendapat penghargaan dari pimpinan kami dan kami ikut bangga juga,”cetusnya.

Sehingga kedepan dengan penghargaan itu membuat lembaga yang dipimpinnya sebagai pelecut dirinya bersama staf lainnya lewat program yang ada. “Kedepan program berupa konsulidasi tanah yang di sediakan oleh pusat untuk nelayan Puger dan sekitarnya sebanyak 500 bidang/sertifiakasi, itu juga yang kami sinergiskan dengan Pemkab Jember,”tambahnya.

Dari jumlah itu nantinya akan diberikan khusus kepada nelayan yang memiliki tanah yang berstatus GG tanah kosong yang dipakai. “Namun memiliki mafaat untuk kepentingan masyarakat nelayan lebih mendekatkan dengan perahu milik nelayan yang harus diamankan setiap harinya,”pungkas Siswo.

Tidak hanya itu sebenarnya program pusat yang di luncurkan kepada daerah seperti ada program P4T (Peoyek Pemilikan Penguasaan Pengaturan Pengguna Tanah). “Kita dapat jatah 2 ribu bidang (sertifikasi) itu juga yang akan kami sinergiskan di wilayah Jember,”paparnya.

Diakui oleh Kepala BPN Jember, banyak program pusat yang dikucurkan di daerah yang didanai oleh APBN untuk kesejahteraan dan ketremntaman masyarakat utamanmya masyrakat kurang mampu.

“Diharapkan dukungan dari semua pihak utamanya Kepala Desa agar program itu benar-benar membantu masyarakat miskin yang berkeinginan memiliki sertifikasi tanahnya karena sertikasi merupakan bukti sah yang dilindungi oleh hokum,”paparnya. (*/jok)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan