574 Siswa SMA Ikuti Ujian Kejar Paket

Jember - Tidak lulus pada pendidikan setingkat SMA, SMP maupun SD bukan menjadi harga mati untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Masih ada peluang bagi mereka yang tidak beruntung pada nilai standart mutu yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Seperti yang sedang diikuti oleh 574 siswa setingkat SMA (SMA/SMK/MA) yang tahun 2008 ini tidak berhasil lulus. Mulai kemarin tanggal 24 Juni hingga 27 Juni mendatang siswa setingkat SMA yang belum berhasil menuntaskan proses belajar mereka, mengikuti ujian kejar paket C. hal ini sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 pasal 26 ayat 6 bahwa pendidikan non formal (kejar paket) mempunyai keududukan yang sama dengan formal.

“Sekarang ada 574 anak yang telah mengikuti ujian kejar paket C dari SMA, SMK dan MA negeri dan swasta di Jember,” ungkap Suparno, Kepala Bidang Diskloporabud saat memantau pelaksanaan ujian tersebut hari ini, Rabu (25/6/2008).

Ujian kejar paket kali ini terbagi di 4 titik pelaksanaannya. Diantaranya di SMKN 4 Jember, SMAN Pakusari, SMAN Jenggawah dan SMAN Kencong. “Pertimbangannya ditempatkan di 4 titik itu dilihat dari strategisnya yang bisa dijangkau oleh peserta yang mengikutinya tidak harus menuju ke kota saja,” tuturnya.

Pihaknya juga berpesan kepada peserta ujian untuk tidak minder atau kecil hati. Karena status kelulusannya sama dan ijasah atau tanda kelulusannya-pun kekuatan hukumnya sama dengan yangv lulus dari sekolah formal. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan