UKM Tak Tersentuh Krisis Global

Jember - Peningkatan perekonomian melalui sector riil yang tidak terpengaruh oleh krisis global salah satunya adalah meningkatkan daya saing Unit Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Ke depan Pemerintah Jember akan mengoptimalkan pemberdayaan UKM di tahun 2009 ini.

Kepala Disperindag Pemkab Jember, Ir Hariyanto, MM, mengakui itu. Kata dia ada 3 komponen dalam peningkatan dan pengembangan bidang kerakyatan diantaranya pemilihan bahan baku , dan teknologi.

Dengan penerapan teknologi misalnya UKM dan sentra industri kecil yang bekerja sama dengan Universitas Jember sebagai institusi pendidikan akan menghasilkan pelatihan tepat guna.

Salah satu contoh adalah kepada nelayan Puger. Pelatihan membuat tepung ikan dan abon ikan dengan teknologi sederahana akan membantu masyarakat terhindar dari pengaruh krisis global. Untuk itu pihaknya telah menggandeng Politeknik Negeri Jember sebagai mitra.

Komponen yang terakhir adalah ketersediaan sumber daya manusia (SDM). Untuk itu pemerintah telah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas dan lembaga terkait untuk pengembangan program ekonomi kerakyatan itu lebih optimal.

Menurutnya, krisis ekonomi global selama ini diakui atau tidak, belum bisa menyentuh sector ekonomi riil. Untuk memperkuat itu, maka sector UKM sangat efektif memperkuat ketahanan ekonomi bangsa.

Setelah pengembangan sentra industri kecil dan menengah akan diupayakan ke penguatan permodalan. Untuk mencapai itu semua kerjasama dengan pengusaha juga tidak ditutup.

Hal itu akan menambah spread pasar produk UKM tersebut. “Kami akan bekerjasama dengan pengusaha untuk memasarkan hasil – hasil produksi UKM dan industri kecil itu. Sebab prospeknya lebih berpeluang,” ujarnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan