Lomba Burung Perkutut Siap Digelar

Jember – Untuk memperingati hari jadi Jember ke 80, pemerintah menggelar lomba burung perkutut bertajuk Koong Burung Perkutut, dan lomba seni suara alam burung perkutut koong Open Eksebisi Nasional 2009, Minggu (11/1) di Alun – alun Jember.

Asisten I Pemerintahan Setda Drs. H Moh Hasi Madani, mengatakan lomba Seni Suara Burung Perkutut 2009 ini adalah rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Jember ke – 80.

Sejauh ini, persiapan berupa penyebarluasan informasi ke seluruh daerah di tanah air melalui majalah Agrobis telah dilakukan.

“Kami sudah mempublikasikan di majalah Agrobis, sehingga diharapkan perhelatan ini dapat diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia ,” ujarnya.

Ternyata publikasi ini sangat efektif. Terbukti hingga hari ini, semua gantangan sebanyak 13 blok telah habis dipesan oleh peserta, baik dari Jawa Timur, Bali, Makasar, DKI dan beberapa daerah lain di Indonesia.

Kini hanya tinggal Kelas Singing (Kelas Burung Piyik, Red) yang tersisa. “Jadi masih ada kesempatan bagi peserta lain yang ingin mendaftar pada kelas tersebut,” ujarnya.

Tujuan lomba ini, katanya bahwa lomba ini digelar untuk melestarikan nilai budaya bangsa, sebab kegiatan ini merupakan warisan leluhur yang perlu dilestarikan agar tidak punah.

Terlepas itu bahwa lomba ini juga dimaksudkan untuk mempererat tali persaudaraan diantara anak bangsa dan sekaligus ingin memperkenalkan Kabupaten Jember ke dunia luar.

“Kami juga ingin, jadi motivasi kepada peternak burung Perkutut (breeding, red) lokal dapat lebih meningkatkan kualitas dan profesionalitas burung – burung Perkutu,” ujarnya.

Pemkab sendiri pernah menggelar lomba serupa dan dibilang sukses dalam BBJ kemarin. Lomba Burung Perkutut ini dirancang agak beda dari lomba burung lainnya, sebab hadiahnya berupa televisi warna tiap lomba.

Kelas yang dilombakan adalah Kelas Dewasa, Kelas Senior, Kelas Yunior, Kelas Pemula, Kelas Setengah Kerekan (Gantangan) dan Kelas Hanging. Hasi berjanji, di BBJ 2009 nanti, Lomba Seni Suara Alam Burung Perkutut akan digelar lagi lebih baik.

Sekadar diketahui, Lomba Seni Suara Alam Burung Perkutut yang digelar oleh Pemkab Jember dibuka pendaftarannya sejak awal Januari 2009 dan jumlah peserta mencapai 600 lebih.

Juara 1 - 15 akan mendapat piala. Tapi panitia juga menyediakan hadiah hiburan (doorprize) bagi setiap gantangan berupa sepeda motor, lemari es, HP, kompos gas, VCD Player, kipas angin dan hadiah menarik lainnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan