Diskes Bakal Terjunkan Tim ke Sekolah

Jember – Makin maraknya peredaran jajan (makanan ringan) yang berbahaya di lingkungan sekolah-sekolah, membuat Dinas Kesehatan (Diskes) Jember turun tangan. Humas Diskes Jember, H. Yumarlis SH, menegaskan bakal menurunkan tim ke sekolah-sekolah.

“Tim tersebut bakal meninjau atau melakukan pengawasan atas beredarnya makanan berbahaya tersebut,” ujarnya.

Selanjutnya Diskes bakal mengambil sample makanan atau minuman yang diduga membahayakan kesehatan anak-anak. Apalagi saat ini banyak beredar makanan atau minuman murah yang disenangi siswa-siswi.

“Anak-anak khususnya di tingkat SD lebih suka jajan makanan yang murah, padahal makanan itu berbahaya, karena mengandung sejumlah zat beracun, seperti pewarna pakaian, pengawet, penambah rasa non gula dan lainnya,” ungkap Yumarlis.

Sehingga Diskes berharap kepada pihak sekolah untuk turut mengawasi pedagang yang berjualan di sekolah-sekolah tersebut. Jika memang diduga kuat makanan dan minuman tersebut berbahaya, sebaiknya sekolah melarang pedagang dimaksud untuk berjualan di lingkup sekolah.

Selain kandungan zat berbahaya di dalam makanan dan minuman, menurut Yumarlis, pedagang biasanya juga tidak menjaga kualitas air atau masakannya. Tak jarang air yang digunakan air mentah yang tidak steril.

Cara memasaknyapun sembarangan, sehingga banyak yang keracunan atau terserang penyakit tipes, hepatitis dan muntaber. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan