Nasib Kartu Ucapan Semakin Mengenaskan

Jember – Nasib kartu ucapan semakin hari semakin mengenaskan saja. Bagaimana tidak jika pada era beberapa tahun lalu kartu ucapan menjadi favorit pilihan warga untuk menyampaikan isi hari disaat hari raya dan hari-hari istimewa. Kini mayoritas warga sudah berpaling ke sarana lain khususnya ke handphone.

Sehingga arus peredaran kartu ucapan-pun semakin sepi. Karena sedikit sekali yang menggunakannya. Seperti pada hari raya Natal dan Tahun baru ini (2009), tercatat hanya sekitar 1.543 kartu ucapan yang didistribusikan oleh PT. Pos Jember.

Hal tersebut disampaikan Omai Gunawan, manager operasional Kantor Pos Jember, usai evaluasi kinerja PT. Pos Jember pada akhir tahun 2008. Menurutnya, pengiriman kartu ucapan saat ini kebanyakan datang dari perusahaan swasta dan instansi pemerintahan.

"Yang paling banyak mengirim ya perusahaan swasta, dari masyarakat hanya sekitar 20 persen saja,” tuturnya.

Meski sudah mulai sepi peminat, kartu ucapan tetap diminati. Pasalnya, kartu ucapan masih dipandang lebih mengasyikkan. Berbeda dengan SMS (short message service) yang hanya berupa tulisan atau kalau inbox penuh, langsung dihapus atau terhapus dengan sendirinya.

Sehingga tidak ada kenang-kenangan yang tertinggal. Omai juga menjelaskan bahwa kartu ucapan masih sangat dimintai sebelum tahun 2000. Pada waktu itu setiap ada hari istimewa maka kartu ucapan yang beredar di Pos Jember bisa mencapai lebih dari 10 ribu.

“Namun setelah tahun tersebut menurun dengan dratis dan lama-lama sepi peminat,” imbuhnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan