Sat Pol PP Unjuk Gigi, Mulai Tertibkan PKL

Ket. Foto : PKL Yang Akan Ditertibkan Diberi tahu terlebih dahulu.

Jember – Usai melakukan sosialisasi penertiban selama beberapa hari usai hari raya Idul Fitri 1429 H ini, Sat Pol PP Pemkab Jember akhirnya melakukan penertiban di sepanjang jalan Trunojoyo, A. Yani, Sultan Agung dan Gajahmada.

Menurut Kasat Pol PP, Sunyoto, penertiban ini merupakan wujud komitmen Sat Pol PP menata kota . “Kami tidak ingin kota ini kumuh karena banyaknya PKL yang sembarangan berjualan memanfaatkan badan jalan atau trotoar, jadi mulai tadi pagi kita tertibkan,” ujarnya, usai Sholat Jumat (10/10).

Dalam penrtiban kalil ini sejumlah gerobak dan barang untuk berjualan para PKL diamankan. “Sementara kita amankan ke kantor, kalau mereka berjanji tidak mengulangi kesalahannya, maka kami akan serahkan lagi barang-barang yang telah disita,” imbuhnya.

Pantauan RI, untuk PKL yang bergerak dengan menggunakan gerobak jalan, cukup menyingkir dari lokasi operasi penertiban. Namun bagi yang menggunakan gerobak atau rombong menetap terpaksa diangkut dengan truk Sat Pol PP dan dibawa ke Pemkab.

Penertiban ini sempat mendapat perlawanan dari salah satu PKL yang merasa tidak mendapat santunan pembinaan Rp. 1 juta dan tidak merasa menggunakan badan atau trotoar jalan.

Pemilik warung tersebut yakni Susilo, warga jalan Trunojoyo. Karena mendapat perlawanan keras akhirnya warung Susilo tidak jadi digusur. Urungnya penggusuran ini juga dibenarkan Kasat Pol PP.

“Memang ada pengecualian bagi PKL yang sudah menertibkan diri dan tidak menggunakan badan jalan, itu tadi ada kesalahan informasi,” jelasnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan