Kiriman TKI Capai 64 miliar

Ket. Foto : Kadisnaker Trans, HM Thamrin MM.

Jember – Sumbangan devisa dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau kiriman dana ke keluarganya melalaui bank-bank yang ada di Jember menjelang hari raya Idul Fitri lalu melonjak tajam. Sehingga selama tahun 2008 ini hingga hari H Idul Fitri terhitung ada sekitar Rp. 64,33 miliar.

Dana sekitar Rp. 64,33 miliar tersebut masuk diberbagai Bank di Kabupaten Jember seperti BNI sebesar Rp. 58,1 miliar, BCA Rp. 2,5 miliar, BI Rp. 2,1 miliar, BRI Rp. 0,96 miliar dan Bank Niaga Rp. 0,67 miliar.

“Menjelang Lebaran, transfer dari TKI diperkirakan meningkat tajam, data yang kami terima terbanyak di BNI 46,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jember, H.M. Thamrin dikantornya.

Peningkatan kirirman uang ini menurut Thamrin merupakan hal yang lumrah karena menjelang hari raya, rata-rata TKI berusaha menyenangkan keluarga yang ditinggalkannya. Sekaligus sebagai ganti TKI yang bersangkutan tidak mudik ke desa asalnya.

Hal inilah yang menurut Thamrin sebagai faktor utama penggerak ekonomi di pedesaan. “Selain mengurangi pengangguran, juga mampu menggerakkan perekonomian masyarakat desa, karena dana yang dikirimkan itu mampu menggairahkan atau meningkatkan daya beli masyarakat desa,” imbuhnya.

Di lingkungan pedesaan kebanyakan dana kiriman tersebut digunakan untuk membayar utang keluarga, memenuhi kebutuhan sehari-hari, memperbaiki rumah, dan membeli perabot. Kalau ada sisa uang, biasanya untuk membeli perhiasan emas, sepeda motor, dan membiayai sekolah anaknya.

“Ini yang menurut hemat kami, bakal lebih diberdayakan dengan memanfaatkan dana tersebut untuk modal usaha, bukan hanya untuk kebutuhan konsumtif saja,” tuturnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan