Besok, Arjasa Jadi Sasaran TMMD

Ket. Foto : Sosialisasi TMMD dengan pemutaran film layar lebar.

Jember - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2008 ini bakal difokuskan di kecamatan Arjasa. TMMD kali ini sekaligus juga sebagai wujud program ke-81 TNI kepada warga pedesaan.

Pelaksanaannya sendiri bakal berlangsung selama 20 hari, mulai besok Jumat tanggal 10 Oktober sampai dengan 30 Oktober 2008. Program TMMD kali ini akan digalakkan pada beberapa desa di kecamatan itu, misalnya desa Darsono, Kemuninglor, di dusun Gading dan dusun Teratai.

Tujuan dari TMMD sendiri adalah ingin mempercepat pelaksanaan laju pembangunan, terutama pembangunan desa yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Oleh karena itu, program yang diterapkan adalah program berbasis perekonomian masyarakat pedesaan, misalnya membuat jalan tembus, membangun jembatan, pos kampling, musholla dan lain-lain,” jelas Kepala Kantor Infokom Pemkab Jember, Drs H. Agus Slameto melalui Sukardiman, Kasi Pemberdayaan Potensi Informasi.

Selain itu, lanjutnya, tujuan TMMD yang lain adalah untuk pemberdayaan masyarakat desa. “Maksudnya dari desa tertinggal menjadi desa mandiri yang diterapkan melalui program fisik dan non-fisik serta meningkatkan kualitas SDM masyarakat desa melalui pelatihan dan ketrampilan,” Imbuhnya.

Sebagai misal ketrampilan manajemen usaha, industri, membuat tempe , manajemen Lembaga Keuangan Masyarakat Mikro-Menengah (LKMM) dan penguatan program pemberdayaan lainnya.

Sesuai jadwal pada pembukaan besok dihadiri Pangarmatim dari Surabaya dan sekitar 500 personil TNI yang ada di Jember. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan