Warga Resah, Listrik Jember Mati Bergiliran

Jember – Sebagian besar masyarakat di Jember mulai mengeluhkan pemadaman listrik mendadak dari PLN. Pasalnya pemadaman yang dilakukan PLN tersebut tanpa didahului dengan pemberitauan dan sering terjadi, di hamper seluruh kecamatan di Jember.

Setiap harinya dapat dipastikan ada dua lebih desa atau kecamatan yang mengalami pemadaman atau mati lampu. Pantauan beritajatim.com beberapa minggu terakhir ini sejumlah kecamatan sering mengalami mati lampu.

Sejumlah daerah yang sering mengalami musibah tersebut diantaranya, kecamatan Patrang, Ajung, Jenggawah, Arjasa, Sumbersari, Mumbulsari, Silo, Tanggul dan lainnya.

Salah satu tokoh masyarakat asal desa Mangaran Ajung, Tohandi, menyatakan pemadaman listrik didaerahnya sudah tidak bias dihitung lagi berapa kali dalam sebulan terakhir ini.

“Seminggu saja bias beberapa kali, dan kalau mati sering 5 sampai 10 jam, itupun tidak ada pemberitahuan sebelumnya, khan kasian kepada yang punya industri rumah tangga atau lainnya, mesinnya bias cepat rusak dan omzetnya menurun karena tidak bias produksi,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Githa taruna, warga Patrang, menurutnya dalam seminggu ini saja sudah 3 kali pemadaman yang lamanya hingga satu hari. “Seperti hari ini, mulai jam 10 pagi tadi sampaisore ini jam 3, belum nyala juga, padahal kami khan punya usaha perbaikan kulkas dan AC, otomatis sehari nggak kerja, kenapa tidak ada pemberitahuan,” keluhnya, hari ini, Jumat (30/5/2008) di tempat kerjanya.

Menanggapi hal ini, Manajer Umum PLN Jember, Gunawan, mengaku bahwa ada pemadaman listrik bergiliran karena energy yang mulai berkurang. Dan itu dilakukan oleh pengendali energy dari Jawa Timur. Pihaknya juga menyangkal kalau ada kaitannya dengan mulai dioperasionalkannya PJU di Jember.

Seperti telah diberitakan sebelumnya PLN pernah menolak program PJU karena stock energy menipis. Namun akhir-akhir ini PLN justru mendukung program tersebut dengan dalih Jember boleh tumbuh 5% oleh PLN Pusat. Sehingga bias melayani PJU. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan