500 ribu Masykin Jember, Bakal Terima Jamkesmas


Jember – Pendataan masyarakat miskin (Masykin) yang dilaksanakan oleh Pemkab Jember untuk program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) naga-naganya sudah final. Pasalnya PT. Akses Jember sudah menerima data masykin tersebut. Hal ini ditegaskan oleh Kepala PT Askes Jember, Indah Erlina Susilowati. “Data sudah kita terima, dan Askes tinggal menunggu pelaksanaannya saja,” ujarnya, Rabu (28/5/2008).

Penerima Jamkesmas, nantinya akan mendapat pelayanan gratis berobat di RSUD di Jember dan RS Paru-paru. Hal senada juga disampaikan oleh Asisten I Pemkab Jember, Hasi Madani, menurutnya data yang sudah diserahkan kepada Askes yakni sebesar 589.048 jiwa. Angka tersebut menurut Hasi ada penurunan jika dibandingkan dengan angka sebelumnya.

“Sebelumnya ada 629.972 jiwa, namun setelah kita lakukan cek dilapangan ternyata ada sedikit human eror, dan akhirnya ada penurunan sekitar 40.928 jiwa atau 6,49 %,” ujarnya. Hasi berharap data yang baru tersebut sudah final dan benar-benar sesuai dengan yang ada dilapangan. Karena selama dilakukan pendataan Pemkab jember sudah menerapkan 14 kriteria miskin yang layak mendapat fasilitas berobat gratis di rumah sakit daerah.

Di sisi lain Hasi menyampaikan, meskipun sudah final dan dituangkan dalam Keputusan Bupati Jember, namun Pemkab masih memberikan kesempatan pada masykin untuk mengusulkan diri sebagai masykin. “Kalau memang betul-betul ada yang belum terdaftar, maka kami masih beri kesempatan, tapi kita batasi hingga 30 Juni 2008 mendatang, teteapi kemungkinan data ini sudah valid,” imbuhnya.

Karena selama pendataan, Pemkab jember betul-betul telah melakukan pengecekan khususnya terhadap 14 kriteria, seperti luas rumah dan tanah masykin, frekuensi makan dalam sehari, frekuensi membeli baju baru dalam setahun, tingkat pendidikan, mata pencaharian dan kekayaan yang dimiliki selain rumah dan tanah yang ditempati. Kalau semua sudah memenuhi syarat dan terbukti miskin maka baru dimasukkan data. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan