Ingin Lebih Trampil, Tagana Ikuti Jambore NAsional

Ket. Foto : PAsukan Tagana saat diberi pengarahan oleh Presiden SBY.

Jember -
Pasukan Taruna Siaga Bencana atau yang lebih dikenal dengan Tagana Kab. Jember, mulai Sabtu (15/11) lalu hingga hari ini, Senin (17/11) mengikuti Jambore Nasional di Cibubur, Jawa Barat.

Tujuan mengikuti Jambore ini yakni untuk meningkatkan ketrampilan dan pengalaman menangani bencana. Karena sejak berdirinya Tagana Kab. Jember pada tahun 2006 lalu, baru pertama kalinya mengikuti Jambore tingkat nasional.

”Dengan mengikuti Jambore, teman-teman anggota Tagana diharapkan semmakin bertambah wawasannya dan mumpuni dalam menangani bencana alam di Jember,” ujar Budiono, koordinator Tagana Kab. Jember.

Menurutnya pasukan Tagana harus selalu siap siaga mengevakuasi dan merehabilitasi korban jiwa dan harta benda masyarakat saat, sebelum dan sesudah terjadinya bencana. Sehingga kalau bekal pengalaman dan penmgetahuan akan penanganan bencana tersebut belum cukup maka bias berakibat fatal.

“Jadi sebelum atau saat terjadi bencana, kami berupaya untuk mengurusi dan mengevakuasi masyarakat disekitar lokasi bencana,” katanya. Setelah itu, lanjutnya, para pasukan Tagana juga merehabilitasi para korban, agar mereka mendapat perawatan yang layak pasca terjadinya bencana.

Dalam upaya penyelamatan para korban bencana, biasanya pasukan Tagana bekerjasama dengan PMI, TNI, Kepolisian, Tim SAR, Dinas Sosial dan Bakesbang Linmas. “Dengan adanya koordinasi, sinergitas tugas dan kerjasama yang baik, maka upaya penyelamatan korban dapat berjalan lebih optimal dan tepat sasaran,” imbuhnya.

Untuk Jambore kali ini Tagana Jember mengirim ke 10 orang, yang kemudian diharapkan bias menuularkan ilmunya kepada 100 orang anggota Tagana lainnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan