37 Desa Akhirnya Miliki Kades Terpilih



Jember -
Sebanyak 37 desa di seluruh Kab. Jember akhirnya memiliki Kades terpilih, usai pelaksanaan Pilkades serempak pada Sabtu (15/11). Meski sebelum pelaksanaan Pilkades serentak ini diwarnai oleh sedikit konflik dan protes dimana-mana, ternyata hingga hari ini, Senin (17/11) apa yang dikhawatirkan terjadi tidak menjadi kenyataan.

Salah satu wilayah yang dikhawatirkan bakal rusuh, Balung hingga hari ini juga tenang-tenang saja. Menurut Camat Balung, Ruslan Abdul Gani, mengatakan, pra Pilkades Balung Kulon situasi dan kondisi wilayah sempat memanas.

Hal ini disebabkan adanya pencoretan salah satu calon oleh panitia, karena tidak lolos dalam proses verifikasi. “Namun, alhamdulillah pelaksanaan Pilkades dapat berjalan lancar, bahkan sampai hari ini tidak ada gejolak apapun,” tuturnya.

Ruslan menambahakan angka partisipasi pemilih di desa tersebut masih cukup tinggi. Dari DPT sebanyak 8.545 orang hamper seluruhnya telah menyalurkan pilihannya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol Inf. Dedy Agus Purwanto di tempat yang sama mengatakan, dalam pelaksanaan Pilkades kali ini pihaknya mendukung sepenuhnya kegiatan POLRI dalam pengamanan acara.

“Apapun bentuknya, saya selaku Dandim mengharapkan Pilkades ini benar-benar demokratis, mau menerima jika kalah / menang karena itu adalah bentuk demokrasi,” cetusnya.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Infokom, Drs. Agoes Slameto, M.Si, menegaskan bahwa pelaksanaan pesta demokrasi kali ini di hampir setiap desa berjalan sangat lancar, aman dan terkendali.

Selain itu, lanjutnya, penyelenggaraan Pilkades ini benar-benar demokratis, transparansi dan akuntabel. Antusiasme masyarakat sebagai pemilih yang masuk DPT juga menjadi tanda bahwa masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin sesuai dengan harapan mereka. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan