DBD Mulai Ngetrend

Jember – Demam Berdarah Dengue (DBD) pada akhir tahun ini mulai ngetrend. Angka penderita DBD yang tercatat di Dinas Kesehatan (Diskes) mulai nampak ada peningkatan.

Menurut Humas Diskes, H. Yumarlis SH, pada bulan ini sudah ada 13 pasien yang dirawat di rumah sakit dan puskesmas di tiga kecamatan kota dan kecamatan Gumukmas.

“Kecamatan kota seperti KAliwates, Sumbersari dan PAtrang, masih menjadi daerah favorit untuk penyebaran nyamuk Aedes Aegifty,” ujarnya. Sehingga Diskes menghimbau warga perkotaan untuk lebih berhati-hati akan serangan nyamuk DBD tersebut.

Selain wilayah kota , kecamatan lain yang selama ini juga menjadi sasaran utama penyebaran nyamuk mematikan ini yakni,Gumukmas dan Kencong.

Untuk itu sejumlah camat diwilayah etrsebut dengan proaktif melakukan pendeteksian dini akan adanya penderita DBD. Selain melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara serempak dan rutin, juga menugaskan perangkat desa untuk segera melaporkan jika ada penderita DBD.

Camat Kencong, Suwoto, misalnya, pada beberapa hari ini dirinya disibukkan dengan mengantar pasien DBD ke Puskesmas terdekat. Meski tidak banyak, Suwoto mengaku tidak ingin kecolongan akan merebaknya penderita DBD diwilayahnya.

Sementara itu data di Diskes sejak Januari 2008 lalu hingga pertengahan Nopember ini sudah ada 687 kasus. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan