Tender Atap GOR Diduga Bermasalah

Jember – Atap GOR yang sempat jebol terkena hantaman angin putting beliung hari Jumat (14/11) lalu dan memakan korban dua orang penonton Kejuaran Bola Voli tingkat Asia, diduga bermasalah.

Pasalnya, pengerjaan atap GOR tersebut baru saja usai dikerjakan dan informasi yang berhasil dihimpun dilapangan, pengerjaannyapun mendahului tender. Proyek rehab atap tersebut sebelumnya diakui oleh pihak Dispenda sebagai bantuan pihak ketiga. Dalam hal ini PT. Yos & Co milik Ketua Kadin Jember, Syaiful BAhri.

Pada waktu itu, KAdispenda Jember, Drs Soeprapto, menegaskan bahwa rehab atap GOR bukan proyek Pemda, namun bantuan dari pihak ketiga. Namun pasca statemen KAdispenda tersebut pada APBD 2008 ditemukan kegiatan proyek rehab GOR senilai Rp. 650 juta.

Dan baru ditenderkan dengan pemenang tender tetap sama dengan yang mengerjakan atap tersebut yakni PT. Yos & Co. dan anehnya pelaksana dilapangan bukan Syaiful BAhri pemilik PT. Yos & Co, namun adiknya Taufik, dengan nama CV lain.

Salah satu rekanan yang juga orang kuat di DPU Jember menegaskan bahwa proyek atap GOR tersebut bukan sumbangan dari pihak ketiga atau rekanan. “Siapa bilang itu sumbangan, itu ya dari anggaran APBD 2008 sebesar Rp. 650 juta itu, namun karena disorot media dan LSM maka RABnya dirubah, ini yang ngomong konsultannya,” ujar sumber tersebut.

Menurutnya RAB GOR tersebut sengaja dirubah. Biaya atap Twin Lit dihapus, dan dirubah dengan hanya mencantumkan dana untuk pengecatan saja. Sehingga terlihat bahwa untuk atap itu sumbangan dan APBD 2008 untuk pengecatan.

Dana pengecatan dibengkakkan 4 kali lipat menjadi Rp 560 juta. Pekerjaan lain Rp 40 juta dengan harga yang bagus Rp 20.000 per liter atau sama dengan 28.000 liter cat. Dan bahkan yang ditenderkan bukan hanya Rp. 650 juta saja. “Anggarannya itu kan Rp 800 juta lebih yang ditenderkan,” ujar rekanan ini.

Proyek pengecatan itu sendiri masih berlangsung hingga kini. Sementara atap GOR yang sudah rusak sampai saat ini masih ditutupi terpal karena bocor. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan