PT KAI Siapkan Gerbong Tambahan

Jember – Menghadapi arus mudik dan balik selama perayaan hari raya Idul Fitri mendatang PT. KAI Daops IX Jember, mulai mempersiapkan gerbong tambahan. Sejumlah gerbong tambahan tersebut disiapkan dan bisa digunakan mulai besok, Minggu (21/9) hingga tanggal 12 Oktober 2008 mendatang.

Namun meski PT KAI sudah memperisapkan gerbong tambahan, sejumlah tiket kelas eksekutif sudah habis terjual. Seperti misalnya tiket kereta api Mutiara Timur hingga keberangkatan tanggal 7 Oktober mendatang sudah habis terjual.

“Selain kereta itu, calon penumpang bisa memesan tiket di loket-loket yang ada di stasiun, karena kita sudah menambah gerbong-gerbong tambahan pada setiap kelasnya,” jelas Humas PT. KAI Daops IX Jember, Hariyanto.

Hariyanto mencontohkan pada jadwal tersebut mulai tanggal 21 September hingga 12 Oktober, kereta api Mutiara Timur siang dan malam (Surabaya - Banyuwangi) akan menarik tiga gerbong eksekutif, satu kereta makan, dan enam gerbong bisnis. Sedangkan untuk kereta api Cantik Ekspres (Jember - Surabaya) menarik satu gerbong eksekutif, satu kereta makan, dan empat gerbong bisnis.

Kereta lain yang juga mengalami penambahan gerbong ada kereta api Logawa (Jember - Purwokerto) bakal menarik 10 gerbong ekonomi dan satu kereta makan, kereta api Sritanjung (Banyuwangi - Jogjakarta) menarik tujuh gerbong ekonomi, satu kereta makan, dan satu kereta barang.

Sementara itu untuk kereta api lokal yang mepunyai rute tidak jauh seperti kereta api Tawangalun, Probowangi, Pandanwangi akan menarik empat gerbong ekonomi.

Di sisi lain Hariyanti juga menjelaskan khusus untuk tarif kereta api tidak bakal mengalami kenaikan tarif. "Karena sesuai instruksi presiden, tarif KA ekonomi tidak naik. Sedangkan KA bisnis dan eksekutif akan menggunakan tarif batas atas dan batas bawah," tuturnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan