Turunnya SK CPNS Diwarnai Pungli

Jember – Belum pastinya jadwal turunnya SK CPNS tahun 2007 bagi sejumlah pegawai Pemkab Jember yang berhasil meningkatkan statusnya dari rollstaat ke PNS. Membuat sejumlah oknum pegawai di jajaran Pemkab Jember memanfaatkannya dengan memungut sejumlah rupiah kepada masing-masing CPNS di unit-unit kerja.

Beberapa narasumber yang juga berprofesi sebagai guru bantu di Dinas Pendidikan, menyatakan bahwa dirinya telah dipungut sekitar Rp. 300 sampai 500 ribu. “Dalih yang memungut kami itu untuk mempercepat turunnya SK CPNS, karena pejabat ya kita beri,” tutur salah satu sumber yang tidak bersedia disebut identitasnya.

Menurut umber tersebut pungutan tersebut besarnya bervariasi tergantung unit kerja dan kedekatan CPNS yang bersangkutan dengan pejabat terkait. “Kalau tidak punya jaringan maka bisa diprediksi akan dipungut lebih besar lagi,” imbuhnya.

Menanggapi kabar miring ini, Kepala BKD Jember, Sugiarto SH, menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah memuungut untuk mempercepat turunnya SK. “Dipungut atau tidak SK CPNS kalau waktunya turun ya turun, kami tidak pernah melakukan itu,” tegasnya.

Sugiarto minta pihak-pihak yang merasa dipungut untuk melaporkannya ke BKD dan menyebutkan identitas pemungut secara jelas. “Kalau memang dipugut ya sebutkan siapa yang memungut dan jabatannya apa?” jelasnya.

Dengan begitu pihaknya berjanji bakal menindak tegas oknum-oknum yang diduga melakukan pemungutan. Dan diharapkan para CPNS melaporkan pungutan tersebut secara resmi ke BKD.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jember, Drs. H. Achmad Sudiono Msi, belum berhasil dikonfirmasi karena sedang tidak berada ditempat. (RI-1)

1 komentar:

Rudi B. Prakoso mengatakan...

Kalau ada yang merasa ada yang dirugikan atau ditarik pungli, laporkan saja. Tapi ingat setiap laporan harus disertai dengan bukti - bukti yang otentik supaya bisa ditindak lanjuti. Dan dengan cara tertulis dan resmi.

Kalau hanya katanya ini ... katanya itu .... katanya...

Lebih baik tidak usah dilaporkan.

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan