Diprotes Wali Murid, TPA Tetap Digelar

Jember - Meski banyak diprotes wali murid Jember, Test Potensial Akademik (TPA)untuk siswa SD tetap bakal digelar Dinas Pendidikan secara serempak pada tanggal 23 sampai 25 Pebruari 2009 mendatang.

Sebelumnya rencana penyelenggaraan TPA ditentang berbagai pihak karena dianggap hanya memboroskan anggaran. Di sisi lain siswa akan banyak terbebani karena mereka juga akan mengikuti serangkaian try out dan ujian nasional.



Namun Kepala Dinas Pendidikan Jember, Drs H. Ahmad Sudiyono Msi, menjelaskan TPA sebenarnya untuk meringankan beban orangtua yang setiap tahun harus kerepotan mencari sekolah bagi anak-anak mereka.



TPA justru akan memacu semangat siswa. Hasil TPA akan dipadu dengan hasil UNAS kemudian dirangking untuk menentukan siswa tersebut layak melanjutkan ke sekolah mana.



"Dan perlu dicatat jika TPA ini dilaksanakan dengan gratis dan bertujuan juga untuk pemetaan mutu pendidikan," Ujarnya.



Dia juga berpendapat siswa tidak akan terbebani sebab mereka akan lebih banyak diasah dengan materi-materi soal sebagai persiapan ujian nasional.



Menurut sejumlah sumber di Dinas Pendidikan, biaya tes potensi akademik ada dua sumber. Biaya APBD Kabupaten untuk pengadaan naskah soal dan koreksi, sementara untuk operasional lainnya, seperti pendataan peserta, nominasi, pengawas, ATK penyelenggara, dibiayai swadaya sekolah dengan menggunakan dana BOS. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan