Ribuan Titik PJU Tetap Tidak Nyala

Jember – Meski sudah memasuki akhir tahun 2008, ternyata masih ada ribuan titik lampu penerangan jalan umum (PJU) senilai Rp 85 miliar belum menyala. Padahal berulangkali, baik PLN APJ Jember maupun DKLH Jember berjanji bakal segera menyalakan PJu tersebut, namun tetap saja janji tersebut tetap menjadi janji tanpa realisasi.

Menurut Koordinator Koalisi LSM Anti Korupsi Jember, DR. Hidayat Teguh Wiyono, diperkirakan hanya sekitar 20 persen saja yang bias menyala.

Hal ini sangat disesalkannya, karena sudah banyak atau hamper semua PJu liar ditertibkan. “Sehingga masyarakat pengguna jalan khususnya didaerah rawan kejahatan mengaku kecewa, PJU Ilegal dihabisi, PJU Pemkab tidak hidup, sehingga jalan-jalan tetap gelap,” ungkapnya.

Pernyataan Teguh tersebut juga dibenarkan oleh MAnajer PLN APJ Jember, BAmbang Setyohadi. Menurutnya pada data dikantornya sampai pekan lalu baru menyala sebanyak 111 titik. "Namun, yang menyala masih selang-seling. Satu menyala, satu mati," ungkapnya.

Karena dinyalakan berselang-seling, kata dia, maka dalam satu titik PJU hanya ada sekitar tujuh atau delapan lampu PJU yang menyala. Hal ini terpaksa dilakukan karena pasokan listrik masih terbatas meskipun sedikit membaik dari beberapa bulan lalu.

Kebijakan menyalakan PJU berselang-seling, menurut Bambang, tidak hanya diberlakukan pada PJU baru. Melainkan, PJU lama pun dinyalakan selang-seling. Diharapkan, meskipun belum maksimal, coverage pelayanan PJU bisa lebih luas. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan