Banyak Yang Ambruk, Dispendik Anggarkan 45 Miliar

Jember – Diduga karena banyak gedung sekolah tingkat dasar pada tahun 2008 ini ambruk, Dinas Pendidikan (Dispendik) Pemkab Jember menganggarkan anggaran sebanyak Rp. 45 miliar.

Rencananya anggaran tersebut diperuntukkan 136 sekolah. “Anggaran yang disediakan berasal dari beberapa sumber, diantaranya dari APBD II, APBD I dan APBN,” ujar Kepala Dispendik, H Achmad Sudiono.

Pihaknya juga sudah melakukan pendataan, dan sesuai dengan data yang masuk ke Dispendik, jumlah sekolah yang rusak mencapai 136 bangunan sekolah. Baik itu rusak berat, sedang, maupun ringan.

"Setelah kita mendapat laporan, kita check kebenarannya. Bila kondisinya parah diupayakan secepatnya diperbaiki,” tegasnya. Achmad menambahkan, beberapa sekolah yang rusak berat dan ambruk, secepatnya akan diperbaiki demi kelancaran proses belajar mengajar.

"Jangan sampai belajar siswa terganggu gar-aghara tidak punya gedung sekolah," paparnya.

Achmad juga menyangkal bahwa pihaknya kurang memeprhatikan masukan atau laporan kepala sekolah dan wali murid tentang kondisi sekolah masing-masing. Karena realisasi pemberian bantuan menurut Achmad sesuai dengan kondisi.

Sehingga kalau belum dibantu kemudian ambruk duluan berarti bukan kesalahan Dispendik, namun karena faktor usia bangunan yang sudah tua. Seperti misalnya sekolah yang baru saja ambruk di SDN Kertonegoro 3, Kecamatan Jenggawah menurut informasi bangunan tersebut didirikan sejak 1978. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan