Persediaan Daging Hingga Tahun Baru Aman


Jember - Memasuki akhir tahun 2008 dan Tahun Baru 2009, diperkirakan ketersediaan daging tidak akan menghadapi masalah. Dari pantauan di beberapa pusat perbelanjaan di Kabupaten Jember, untuk persediaan daging diprediksi tidak akan terjadi kekurangan dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tidak terganggunya stok daging saat menjelang Tahun Baru ini, menurut, Ir Dalhar, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan), Kabupaten Jember, karena pihaknya sudah melakukan antisipasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Sebagai penghasil ternak sapi, masyarakat Jember tidak usah khawatir akan kekurangan daging ternak, untuk kebutuhan konsumsi masyarakat kita sediakan dan siap untuk dikonsumsi masyarakat Jember sebanyak 210.000 ekor sapi,” katanya.

Ketersediaan ternak di Jember sendiri karena disebabkan sejumlah faktor yang diantaranya kondisi alam yang terdiri dari kawasan pertanian, perkebunan bahkan hutan, sehingga berpotensi untuk pengembangan peternakan dan sekaligus bisa menjadi sentra ternak sapi di Jawa Timur.

Di Jember-pun menurut Dalhar, tidak hanya sekedar menjadi sentra ternak saja. Namun dirinya menjamin bahwa ternak yang disediakan untuk kebutuhan masyarakat dalam merayakan Natal dan Tahun Baru itu, sudah dinyatakan bebas dari penyakit.

“Walaupun begitu, kami minta kepada masyarakat apabila ditemukan ada tanda-tanda ternak sakit dan membahayakan untuk dikonsumsi, segeralah masyarakat melaporkan kepada Dinas Peternakan dan Perikanan atau petugas yang ada di kecamatan, karena takut ada daging ternak dari luar kota Jember,” imbaunya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan