Nusa Barong jadi Obyek Wisata, Hanya Mimpi

Jember – Keinginan Bupati Jember, MZA Djalal, untuk menjadikan pulau Nusa Barong yang baru saja dikunjunginya sebagai obyek wisata, naga-naganya hanya akan beruwujud sebagai mimpi belaka.

Pasalnya Nusa Barong tidak bisa dijadikan obyek wisata. Karena statusnya sebagai cagar alam. Hal itu disampaikan Kepala BKSDA 3 Jatim di Jember, Abdullah Abbas Efendi. Menurutnya rencana Pemkab mengelola Pulau Nusa Barong sebagai obyek wisata, tidak diperkenankan, apalagi akan merubah infrastruktur yang ada.

“Sesuai aturan, cagar alam tidak bisa diubah statusnya menjadi taman wisata, cagar alam Nusa Barong hanya bisa digunakan untuk penelitian dan kebutuhan pendidikan agar ekosistem di Nusa Barong tetap alami,” tegasnya Rabu (29/10).

Ketika dijadikan obyek wisata, dikhawatirkan akan merubah ekosistem yang ada. Apalagi dengan mendatangkan investor.

“Kebanyakan investor itu tidak memperdulikan kepentingan alam, yang ada bagaimana pihaknya untung, sehingga tiak menutup kemungkinan Nusa Barong akan berubah dari asalnya,” imbuhnya.

Sehingga pemerintah pusat melalui BKSDA dijamin tidak akan memberikan Nusa Barong kepada Pemkab Jember atau pihak swasta lainnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan