2 Tahun Tertunda, Pilkades Mangaran Akhirnya Digelar

Jember - Setelah lebih dari 2 tahun lamanya Pilkades Mangaran, kecamatan Ajung, akhirnya bakal dapat digelar juga. Rencana pilkades tersebut bakal dilaksanakan pada tanggal 15 Nopember 2008 mendatang, bersamaan dengan desa-desa lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pilkades Mangaran, Ajung sekitar 2 tahun lalu sempat ditunda pelaksanaannya oleh Pemkab Jember pada saat hari H pelaksanaan. Sehingga penundaan tersebut merugikan banyak pihak termasuk para calon yang sudah mengeluarkan dana kampanye tidak sedikit.

Pada saat itu Pemkab beralasan salah satu calon Kades, Ahmad Sahlan, yang juga mantan Kades setempat diduga berijasah palsu. Sehingga untuk menghindari masalah hukum dikemudian hari maka Pilkades ditunda hingga Sahlan mengundurkan diri atau dicoret oleh panitia Pilkades.

Setelah pembahasan yang a lot dan loby-loby sana-sini hingga berjalan lebih dari 2 tahun, Sahlan bersedia mengundurkan diri tanpa harus dicoret dari Pemkab maupun panitia Pilkades.

Meski pengunduran diri Sahlan dengan mengajukan syarat para calon lain serta panitia siap mengganti semua dana yang telah dikeluarkannya selama Pilkades. “Panitia tidak bisa memenuhi semua tuntutan pak Sahlan, namun sudah disepakati dan pak Sashla akhirnya siap mundur,” ujar Tohandi panitia Pilkades Mangaran, Selasa (28/10).

Hal senada juga disampaikan calon kades lainnya, Ali M, menurutnya berapa dana pengganti itu tidak perlu diekspose keluar. Yang penting Sahlan sudah siap menerima dan mundur dari pencalonan itu saja.

“Kami khawatir kalau dibuka nantinya dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak ingin Pilkades digelar, sehingga menjadi masalah lagi dan Pilkades tertunda terus,” ujarnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan