500 Guru PAUD Tidak Lulus SMA

Jember – Dari sekitar 1500 guru Pendidikan Usia Dini (PAUD) yang ada di Jember, ternyata 35 % diantaranya masih berijasah SMp atau belum sempat lulus SMA atau yang sederajat. 40% lainnya sudah berijasah SMA atau sederajat dan selainnya sudah mempunyai ijasah Diploma dan S1.

Data yang mengejutkan ini dilansir oleh Kasie Pendidikan Luar Sekolah PLS) Dinas Pendidikan Jember, Sudiyono. Menurut Sudiyono pihaknya sudah menghimbau pada semua guru PAUD yang belum berijasah SMA untuk segera mengikuti pendidikan kejar paket C yang diselenggarakan Dinas Pendidikan secara gratis.

“Hal ini dilakukan untuk memperbaiki kualitas pendidikan kita, karena target pemerintah pada massa yang akan datang, pendidik atau guru PAUD itu paling rendah mempunyai ijasah D4, dan diupayakan sudah Sarjana semua,” jelasnya, Selasa (28/10).

Pendidikan untuk siswa PAUD ini dianggap sangat penting karena pada usia dini tersebut anak harus menerima didikan yang benar. “Jika sejak kecil sudah menerima pendidikan yang salah, maka di kemudian hari makal tercetak anak yang salah juga tau tidak berkualitas,” imbuhnya.

Sehingga Dinas Pendidikan menganggap permasalah tersebut sangat penting. “Bahkan saat ini kami tidak hanya menganjurkan saja, namun bakal mewajibkan semua guru PAUD untuk mengikuti kejar paket C,” jelasnya.

Sehingga usai mengenyam pendidikan kejar paket C, guru tersebut bisa langsung melanjutkan pendidikannya ke Diploma atau sarjana. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan