Polres Belum Selesaikan SKCK Caleg

Jember – Meski sudah tinggal satu hari lagi massa pengembalian formulir dan berkas calon legislative (caleg) ke KPU Jember. Ternyata hingga Senin (18/8/2008) sore masih ada puluhan caleg yang belum mendapatkan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari Polres Jember.

Proses pembuatan SKCk untuk caleg di Polres Jember berjalan lambat. Sehingga banyak SKCK yang seharusnya sudah jadi pada minggu lalu, hingga Seninini belum juga jadi. Salah satu caleg asal Patriot, H. Didik, menuturkan bahwa dirinya harus menunggu empat hari untuk mendapatkan SKCK dari Polres Jember.

“Waktu itu saya ngurus Sabtu, ternyata sampai dengan hari Rabu baru selesai,” ujarnya. Sementara untuk SKCK yang lain seperti untuk pekerjaan biasa cukup ditunggu tidak lebih dari 3 jam sudah selesai dan bias dibawa pulang.

Namun khusus untuk caleg bias berhari-hari. Hal senada juga disampaikan oleh Imron, caleg dari PKS, dirinya harus menunggu berhari-hari untuk memperoleh secarik kertas keterangan SKCK dari Polres Jmeber.

Sehingga caleg yang baru mengurusi SKCK pada hari Kamis, Jumat atau Sabtu lalu, dapat dipastikan hingga Senin hari ini tidak bias mendapatkan SKCK. Menurut informasi Polres bakal menyelesaikannya pada hari terakhir jadwal pengembalian berkas caleg di KPU, Selasa besok (19/8/2008).

Menanggapi hal ini, KAsat IPP, AKP Suyono, menegaskan bahwa untuk memperoleh SKCK pencalegan itu harus ditandatangani oleh Kapolres Jember. Sehingga jika KApolres sedang tidak berada ditempat maka, caleg diharapkan bersabar untuk menunggu.

“Namun jika Kapolres ada dfitempat saya yakin anggota kami bias langsung menyelesaikannya dan tidak perlu berhari-hari,” bantahnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan