21 Parpol Serahkan Berkas Caleg

Jember – Hingga Selasa (19/8/2008) sore ini, ternyata baru ada 21 parpol yang sudah menyerahkan berkas caleg-nya ke KPU Jember. Menurut anggota KPU Jember, Ketty Tri Setyorini, dari 32 parpol yang ada di Jember ternyata masih ada 11 parpol yang belum mengembalikan berkas caleg.

“Tadi sejak dua jam terakhir tidak ada satupun parpol yang mengembalikan, jadi sampai sore ini baru 21 parpol, biasanya nanti habis sholat Isak, banyak yang datang,” ujarnya. Hal ini disampaikan Ketty karena kejadiannya mirip tahun 2004 lalu, baru setelah malam hari parpol berdatangan ke KPU.

“Rata-rata proses demokrasi di internal parpol belum selesai, sehingga mereka tidak bisa menentukan nomor urut dan daerah pemilihan, sehingga menunggu proses tersebut untuk menyerahkan ke KPU,” imbuhnya.

Padahal menurut Ketty, pihaknya sudah menghimbau kepada Parpol untuk terlebih dahulu menyerahkan identitas caleg saja. Sehingga nomor urut dan daerah pemilihan bisa menyusul. “Formulir BA-nya bisa menyusul yang memuat daftar caleg, yang penting biodatanya saja dulu,” tuturnya lagi.

Meski demikian pihaknya bersama anggota KPU lain dan sekitar 21 staf KPU sudah siap menerima pendaftaran caleg dari Parpol kapan saja sebelum jam 24.00 wib nanti malam. Karena banyak yang berasumsi bahwa batas akhirnya adalah nanti tengah malam. “Kami tidak bisa menolak berkas sebelum pukul 24.00 wib,” katanya.

Sejumlah partai yang sudah mengembalikan berkasnya diantaranya yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Pelopor, Partai Barisan Nasional, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Matahari Bangsa (PMB), Gerindra, PNBK, dan beberapa yang lainnya.(RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan