Sambut BBGR, 6 Puskesmas Keliling Diluncurkan

Jember – Dalam rangka menyambut BBGR (Bulan Bhkati Gotong Royong) Dinas Kesehatan Jember meluncurkan 6 unit mobil puskesmas keliling ke desa-desa guna melayani kesehatan masyarakat secara gratis.

Pelayanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu tersebut kembali disajikan dengan bekerjasama antara Dinas Kesehatan dan Bapendukcapil-KB serta Bapemas.

Meski Pencanangan BBGRM (Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat) ke-XV dan Harganas ke-V se-Jatim terjadi penundaan, namun kegiatan bersama tersebut tetap dilakukan sejak tanggal 3 Juli 2008 lalu.

Seperti yang disampaikan oleh dr. Hari Pitono, Kasi Pelayanan Kesehatan Dinkes Jember saat mengawasi pelaksanaan kegiatan itu, Senin (7/7/2008). “Seperti pada pelayanan kesehatan dilakukan di Alon-alon Jember waktu lalu, ada 2 unit bus yang kita manfaatkan untuk pelayanan kesehatan terkait pemasangan KB,” jelasnya.

Namun kali ini bus-bus tersebut diluncurkan di desa-desa, dengan bekal melyani pemasangan alat kontrasepsi dan pelayanan kesehatan lainnya. “Apalagi pemasangan sekarang sejumlah 110 peserta alat KB berjenis Inplan (Susuk),”imbuhnya.

Pelayanan semacam ini menurut Hari Pitono, merupakan salah satu jalan keluar dalam mengatasi kurang terjangkaunya pelayanan kesehatan dari Puskesmas setempat. “Pelayanan yang diberikan selain KB, seperti pelayanan mata, spesialis bedah, kandungan-kebidanan, gigi, radiology, laboratorium dan interna (Penyakit dalam) yang masing-masing tersedia di pelayanan di bus kesehatan keliling,” jelasnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan