Materi Test Tulis, Materi Kelas 5 dan 6

Jember – Materi test tulis yang diberikan kepada peserta calon siswa/siswi SMPN, sebenarnya tidak terlalu sulit karena diisi dengan materi kelas 5 dan 6 SD. Sehingga yang diperlukan dari peserta test tulis adalah keseriusan untuk mengerjakan. Apalagi dengan kondisi peserta yang melebihi target seperti tahun ini yang mencapai 16.492 anak.

"Apalagi dengan kondisi ini, makanya kami buat tes tulis agar peserta serius saat masuk ke sekolah negeri. Selain itu untuk melakukan seleksi yang ketat, sehingga siswa yang masuk benar-benar siap diberi pelajaran SMP," Ungkap KAbid SMP/SMA Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, I Wayan Wesa Admadja, Selasa (8/7/2008).

Proses seleksi yang berupa tes tulis ini menurut Wayan berisi materi ujian yang diajarkan di kelas 5 dan 6. Selain materi dasar, soal tes tulis juga diisi materi pengembangan mata pelajaran yang diujikan. Yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPS Terpadu.

Terkait dengan dugaan kebocoran soal, Wayan menegaskan bahwa tidak bakal terjadi. Karena sejak kemarin soal-soal tersebut sudah didistribusikan ke polsek-polsek di Jember. Sehingga hari ini sekolah penyelenggara mengambil sesuai jumlah peserta yang ada di tempatnya, dari Polsek setempat.

Terkait dengan pelaksanaan PSB tingkat SMP hari ini, sejak kemarin SMP penyelenggara PSB banyak didatangi peserta dan orang tuanya. Mereka datang ke lokasi ujian untuk mengetahui nomor ruang berikut lokasi ruang ujian.

Seperti halnya di SMPN 2 Jember. Menurut Wakasek SMPN 2 Jember Teguh Budiyanto, para orang tua ini sudah mendatangi sekolahnya sejak Sabtu lalu. "Kalau di sini pendaftar mencapai 374 anak dengan pagu 200 anak," katanya. Dari semua peserta itu sebanyak 253 peserta memiliki nilai 26 koma ke atas. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan