BBJ 2008 AKAN DIKEMAS LEBIH BAIK LAGI

(Infokom) Jember,
Diiringi musik hadrah yang menyambut kedatangan Bupati Jember MZA Djalal beserta Ibu Sri Wahyuni Djalal istrinya dan rombongan Muspida Jember turun dari busnya di lapangan Desa Yosorati Kecamatan Sumberbaru langsung menuju ke tempat Acara Dialoq Solutif Bedah Potensi Desa.

Ditempat ini, Bupati Djalal sudah ditunggu ribuan orang dari berbagai kalangan yang akan melakukan Dialoq dengan Bupati dan acara dialoq ini sengaja dibuat tidak formal, karena mereka yang hadir semuannya duduk lesehan.

Sebuah hidangan dari hasil bumi desa setempat telah disiapkan sebagai makanan ringan, tak ada kursi atau meja, seluruh lantai yang terpasang dari sirap (papan) digelari karpet merah untuk lesehan. Begitulah, suasana dialoq atau tatap muka Bupati Jember dengan masyarakat di Kecamatan Sumberbaru, Kamis (22/5) kemarin. Bupati Jember MZA Djalal didampingi unsur Muspida, Kepala dinas/badan/kantor, kabag dan instansi sektoral yang ada di Jember. juga duduk lesehan.

Disisi lain warga masyarakat khususnya Desa Yosorati Kecamatan Sumberbaru juga berduyun-duyun memadati lapangan desa yang ingin melihat Bupati Jember pilihan rakyat lewat acara yang dikemas dengan Dialoq Solutif Bedah potensi Desa yang diselenggarakan oleh Pemkab Jember, Kantor Infokom dan RRI Jember.

Sebelum acara dialoq berlangsung Bupati Jember MZA Djalal mengatakan bahwa suasana
Bulan Berkunjung Ke Jember tahun 2007 kemarin sangat luar biasa, ditambah dengan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan BBJ tersebut. Hal itu ditandai dengan antusiasnya masyarakat mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan untuk mengisi event-event yang ada. “Karena terlihat begitu masuk Jember sudah disambut dengan dikibarkannya bendera merah putih dimana-mana selama satu bulan penuh yang itu tidak didapatkan di Kabupaten dan kota diseluruh Indonesia, “ungkap Bupati Jember MA Djalal seraya ingin mempromosikan BBJ kepada masyarakat luas.

Lebih lanjut dikemukakan masyarakat di Kecamatan Sumberbaru menyadari sekali bahwa pada bulan Agustus merupakan bulan yang penuh dengan sejarah, mereka ingin memperingati kepahlawanan, apalagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember juga menginformasikan dan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Jember untuk berpartisipasi aktif dalam Bulan Berkunjung Ke Jember dan mudah-mudahan pada Agustus 2008 mendatang, pelaksanaan BBJ akan lebih meningkat lagi. “Seluruh masyarakat Jember dan khususnya rakyat yang ada di Kecamatan Sumberbaru juga bisa berpartisipasi, “harapnya.

Sebelumnya Bupati Djalal ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat Mengapa kita perlu mengadakan Bulan Berkunjung Ke Jember (BBJ), menurut Bupati Djalal, karena lewat BBJ ini kita ingin membuat performent dan wajah Jember ini lebih baik. “Sehingga masyarakat diluar Kabupaten ini memandang Jember lebih baik dengan masyarakatnya yang suka guyon, seneng mesem dan tidak pemarah yang pada akhirnya mereka datang dengan begitu kemakmuran akan datang dengan sendirinya, “jelasnya.

Dan untuk membuktikan BBJ ini, makanya kita akan selenggarakan berbagai kegiatan yang aneh dan bermanfaat yang belum dilaksanakan oleh daerah lain, tetapi dengan biaya yang tidak terlalu banyak.

Adapun konsep BBJ mempunyai 3 dimensi (tujuan) diantaranya yang pertama dimensi historis (sejarah), agar anak cucu kita yang makin lama akibat pengaruh globalisasi sudah tidak memahami akan arti pentingnya perjuangan kemerdekaan tahun 1945.

Sedangkan tujuan selanjutnya yang tidak kalah pentingnya berupa prestasi yang didalamnya akan diselenggarakan berbagai kegiatan, seni budaya olahraga maupun ilmu pengetahuan dan teknologi agar akan lahir prestasi-prestasi dunia di Kabupaten Jember dan tujuan yang terakhir untuk menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat Kabupaten Jember. “Semoga semua yang dilaksanakan pada tahun 2007 dan akan dilanjutkan pada tahun 2008 ini akan lebih meningkat dan masyarakat makin banyak rejekinya, “paparnya.

Disisi lain program pembangunan juga tetap terus ditingkatkan, karena melihat kondisi sarana prasarana jalan sebagai akses perekonomian masyarakat di Kecamatan Sumberbaru, rupanya Bupati Djalal sangat tahu persis harapan dari masyarakatnya, yang itu semua belum dapat dilaksanakan oleh Pemerintah, namun demikian masyarakat jangan merasa khawatir, karena Bupati Djalal ingin mewujudkan seluruh jalan di Kecamatan Sumberbaru ini akan diaspal. “Namun masyarakat harus bersabar, karena saya malu dengan Kabupaten tetangga Lumajang dan Probolinggo yang itu berbatasan dengan wilayah Jember, “janjinya.

Sementara itu Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol. Inf. Dedy Agus Purwanto yang mendampingi Bupati Djalal dalam acara ini merasa bangga melihat suasana yang begitu akrab, dimana pemerintah Kabupaten Jember mewujudkan suatu kebersamaan yang sangat kuat dan kebersamaan ini harus selalu dipelihara. “Karena melalui kebersamaan ini tentunya konsep pembangunan di Kabupaten Jember yang sudah kita canangkan akan lebih maju dan meningkat., “katanya.

Kecamatan Sumberbaru yang memiliki 10 desa, tentunya masing-masing desa memiliki potensi yang sangat besar dan jelas potensi ini harus terus digali dan diwujudkan melalui suatu kegiatan kebersamaan dan silaturahmi. “Jelas dengan adanya silaturahmi ini dapat meningkatkan ketahanan dan keamanan wilayah akan terwujud, kami dari jajaran TNI-Polri tanpa adanya bantuan dari seluruh warga masyarakat kitapun tidak akan bisa bekerja, “terang Dedy yang baru bertugas di Jember ini.

Namun demikian dari jajaran TNI-Polri akan berupaya membantu warga semaksimal mungkin, kalau ada kekurangan dan kelemahan mari selalu kita komunikasi bersama. “Komunikasi bersama, kita cari jalan keluar mana yang terbaik karena itulah wujud kebersamaan kita, “lanjutnya. (H-2)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan