Bupati Djalal Bakal Pormosikan Nusa Barong


Ket. Foto : # Obyek Wisata Nusa barong potensi yang terpendam.
# Bupati Djalal Turun dari perahu, tinjau Nusa Barong.


Jember - Potensi kepariwisataan di Kabupaten Jember terus mendapat perhatian untuk dikembangkan, semisal wisata Nusa Barong yang terdapat di Kec. Puger. Salah satu potensi wisata yang masih ‘perawan’ naga-naganya bakal dipromosikan habis-habisan oleh Bupati Jember, MZA. Djalal.

Djalal yang beberapa hari lalu berkunjung ke pulau kecil itu bersama sejumalh stafnya, mengaku sangat tertarik untuk mempopulerkan Nusa Barong. Pasalnya pulau Nusa Barong dikelilingi oleh wilayah laut yang eksotik.

“Pulau ini sangat prospektif untuk dijadikan wisata cagar alam, seperti Kucur,” ujarnya. Selain itu, Nusa Barong merupakan sentra potensi kelautan dan perikanan yang sudah sejak lama dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan taraf ekonomi masyarakat Puger.

Djalal berencana bakal menjadi Nusa Barong sebagai wisata Internasional. Sehingga dirinya merasa perlu mempromosikan pulau tersebut kepada investor untuk mengelola dan mengembangkannya.

Di sisi lain Camat Puger, Ir. Wahyudi Abdullah, menyatakan sampai saat ini sudah ada investor dari Kanada dan Cina yang telah siap menanamkan investasinya di Nusa Barong. “Insya Allah pada tahun 2009 nanti akan dilakukan pembangunan sarana-prasarana fisik untuk mendukung terwujudnya Wisata Internasional,” ungkapnya.

Menanggapi pernyataan Camata puger tersebut Kepala Dinas Pariwisata Jember, Arif Tyahjono, mengaku belum tahu pasti akan investor tersebut. Namunn jika benar-benar ada maka ini sebagai bentuk upaya Pemkab Jember mengembangkan potensi wisata yang ada.

Agar tidak tertuju pada obyek wisata yang ada. “Supaya kita tidak monoton di obyek itu-itu saja, seperti Watu ulo, kita perlu kembangkan atau gali yang lain,” imbuhnya.

Untuk menunjang program menggali potensi wisata ini menurut Arif tentunya tidak harus bersumber dari APBD terus. Sehingga Bupati mempromosikan kepada investor.

“Untuk mengembangkan kawasan ini, tentu kami tidak dapat mengandalkan dana APBD saja, namun kerjasama dengan pihak investor merupakan suatu hal yang sangat diharapkan untuk menggairahkan potensi kepariwisataan di Kabupaten Jember,” Jelasnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan